Telkomsel Catat Lonjakan Trafik Data saat Pemilu 2019

17
Ilustrasi Gambar: Pemilu 2019 (Sapto Fama/ Monitor)

MONITOR, Jakarta – Operator jaringan seluler Indonesia Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data sebesar 16,3 persen pada perhelatan Pemilu 2019.

“Kami sudah memprediksi perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan, di mana layanan data masih mendominasi dibanding layanan suara dan SMS,” kata GM External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dikutip dari ANTARA di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Denny menambahkan kenaikan trafik layanan data ini terjadi seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam memanfaatkan layanan digital selama beraktivitas.

Adapun wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Sumatera Barat dan Riau dengan peningkatan 28 persen dibandingkan hari normal, diikuti Sulawesi (19,5 persen) dan Jawa Barat (18,3 persen).

Sedangkan untuk layanan suara dan SMS, dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 10 persen menjadi 1,125 miliar menit, dan hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan 7,8 persen menjadi 482 juta SMS.