Kosepindo Sebut Hasil Pilpres 2019 Ulangan 2014

148
Direktur Konsep Indonesia (Konsepindo), Veri Muclis Arifuzzaman saat menjadi Narasumber di acara cuick count nasional pilpres 2109, di hotel grand zuri BSD (17/19) foto : saptofama

MONITOR, Jakarta – Kemenangan pasangan nomor urut 01Jokowi-Ma’ruf Amin masih mengungguli perhitungan cepat dibeberapa lembaga survei. Melihat hasil ini lembaga survei konsep Indonesia (Konsepindo) mengatakan kalau hasil pemilu tahun ini tidak akan beda dengan pilpres 2014 lalu.

“Pilpres 2019 ini saya katakan ulangan dari pilpres 2014 lalu,”ungkap Direktur Konsep Indonesia (Konsepindo), Veri Muclis Arifuzzaman

Menurutnya apabila melihat hasil pilpres 2014 dimana raihan suara Jokowi berkisar diangka 5O persen lebih dan Prabowo diangka angka 40 persen maka akan terjadi pula raihan serupa di tahun ini.

“Ini bisa dilihat dari perhitungan cepat yang kami lakukan saat memasuki perhitungan 79 persen, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin sudah meraih suara 53,37 persen dan Prabowo-Sandi 46,63 persen. Angka ini memang tak jauh beda dengan Pilpres 2014 lalu,”jelasnya.

Namun demikian kendati pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin bisa dikatakan menang pada perhitungan cepat saat ini, pasangan nomor urut 01 satu ini bisa dikatakan kecewa juga. Pasalnya pasangan petahana ini sebelumnya menargetkan raihan suara berkisar diangka 55 persen lebih.

“Kalau melihat dari survei yang dikeluarkan beberapa lembaga survei, mereka menyebut kalau Jokowi-Amin unggul diatas 55 persen. Tapi kenyataannya dari hitungan cepat ini angka kemenangan Jokowi – Ma’ruf sepertinya tak akan melewati angka 55 persen. Disini maksud saya Jokowi kecewa,”tandasnya.

Tapi tak hanya Jokowi yang merasa kecewa dengan hitungan cepat ini. Lembaga survei pun banyak kecewa karena hitungan kemenangan Jokowi diatas 55 persen meleset.