Jumat, 29 Maret, 2024

Politikus PSI Nilai Kinerja DPRD DKI Periode 2014-2019 Buruk

MONITOR, Jakarta – Pasca berkinerja buruk pada tahun 2019, karena hanya mampu melunasi 11 Perda dari 45 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) di DPRD DKI Jakarta. Di awal tahun ini, para legislator di tingkat DKI Jakarta itu tidak berperan baik dalam bidang penganggaran.

Juru Bicara DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Andi Anggara menilai, beberapa program yang mengambil anggaran dari APBD bahkan tidak dilihat secara menyeluruh dari sisi konsep dan teknisnya.

Menurutnya, hal ini terjadi dalam program revitalisasi lima taman di DKI Jakarta yang mencapai dana Rp 145 miliar. Dana itu bahkan lebih besar dari program pencegahan banjir dalam Bantuan Gubernur (Bangub) yang diajukan Pemkot Depok ke Pemprov DKI Jakarta dengan nilai Rp 48 miliar.

Pada soal revitalisasi itu, dikatakan Andi, anggota dewan memutuskan tanpa melihat secara rinci mengenai konsepnya.

- Advertisement -

“Apa yang dilakukan para anggota DPRD yang seperti itu kurang dapat mengelola anggaran yang efektif dan efisien. Saya rasa, anggota DPRD mesti detail, tahu konsep dan teknisnya. Ini uang rakyat, semuanya harus dipertanggungjawabkan,” kata Andi Anggana dalam keterangan tertulisnya, Kamis pagi (4/3), di Jakarta.

Menurut politisi PSI ini, fungsi DPRD selain legislasi dan controling, juga budgeting. “Artinya, mereka harus membahas, tidak asal ngangguk, setuju, selesai. Ada konteks manfaat dan tujuannya juga. Kalau asal iya, itu berisiko,” tuturnya menekankan.

Apalagi, tambah Andi, dana revitalisasi taman lumayan besar. “Anggaran besar, potensi negatifnya juga besar, makanya harus dibahas detail. Kalau tidak detail, ada apa?” tanyanya.

Politisi PSI ini menegaskan bahwa DPRD DKI Jakarta mesti disorot lebih tajam lagi mengingat pantauan banyak pihak masih tertuju ke politisi senayan. “DPRD DKI Jakarta ini penting. Di sana, tahun 2019 ini, ada Rp 89,08 triliun di APBD. Itu uang rakyat, mesti kita lihat alokasinya untuk apa saja. Ini penting, karena Ibukota Indonesia,” kata lulusan FISIP UIN Jakarta ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER