Kamis, 25 April, 2024

Intip Persiapan Polri Kawal Ketat Debat Capres 2019 Sesi Keempat

MONITOR, Jakarta – Debat Capres 2019 sesi keempat akan kembali digelar pada Sabtu, 30 Maret 2019 besok. Kali ini, aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan lebih ketat dalam mengontrol penyelenggaraan acara debat di Hotel Shangri-La Jakarta.

Adapun tema debat yang dibahas, adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan, keamanan serta hubungan internasional. Debat ini diikuti oleh kedua pasangan, baik capres maupun cawapres.

Lantas apa saja persiapan yang sudah dilakukan Polri jelang pelaksanaan agenda debat?

  1. Kerahkan 5.000 personel kepolisian

Hingga kini, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo memastikan pihaknya sudah mengerahkan sebanyak 5.000 personel kepolisian untuk mengamankan Debat Final Capres. Selain itu, ada sebanyak 600 personel TNI juga turut diperbantukan.

- Advertisement -

2. Pasang CCTV Mobile dan Rekam Wajah

Dilansir dari Antara, Polisi akan memasang CCTV mobile di kendaraan-kendaraan patroli yang berjaga di sekitar kawasan Hotel Shangri-La, Jakarta, untuk memonitor jalannya debat baik yang berada di luar arena debat dan didalam lokasi debat.

Selain itu,Polri juga akan memasang alat pengenal wajah agar siapapun yang hadir akan dapat dilihat kembali datanya.

3. Ada Empat Zona Pengamanan

Selama gelaran debat berlangsung, Polri juga melibatkan Paspampres. Ada tiga zona, zona satu, pengamanan menggunakan Paspampres. Pada H-1 sudah dilakukan sterilisasi. Kemudian zona dua ada TNI dan Polri dan pihak keamanan internal hotel, zona tiga adan tim gabungan TNI Polri untuk mengamankan lokasi parkir dan sekitar hotel. Zona empat domain dari polisi lalu lintas.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER