Jumat, 26 April, 2024

Dukung Badan Riset Nasional, TKN: Alokasi Dana Akan Lebih Optimal

MONITOR, Jakarta – Dalam sesi debat cawapres tadi malam yang digelar di Hotel Sultan Jakarta, Cawapres 01 KH Ma’ruf Amin berjanji akan membentuk Badan Riset Nasional (BRN). Melalui badan ini, mantan Ketua Umum MUI itu mengatakan alokasi dana riset akan lebih optimal.

Pasalnya, selama ini dikatakan Ma’ruf, dana riset terbagi di berbagai kementerian/lembaga. Sehingga, pengembangan riset pun belum begitu optimal.

“Nanti akan kami satukan menjadi satu koordinasi dan akan kami bentuk Badan Riset Nasional,” kata Ma’ruf tadi malam, Minggu (17/3).

Wacana ini pun didukung oleh Wakil TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding. Ia menyebut bahwa keberadaan BRN ini bisa menjadikan pengelolaan riset di Indonesia semakin efektif dan produktif.

- Advertisement -

Apalagi, ditambahkan Karding, Badan Riset Nasional ini kedepannya akan mampu menyederhanakan birokrasi sebagai Pusat Lembaga Riset.

“Dengan adanya Badan Riset Nasional ini, justru menyederhanakan birokrasi sebagai Pusat Lembaga Riset sehingga pengelolaan riset semakin efektif dan produktif khususnya untuk dunia usaha 10 tahun mendatang,” ujar Karding pagi ini, Senin (18/3).

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER