Survei Konsepindo: Jokowi-Maruf Unggul 55 Persen, Prabowo-Sandi 33,2 Persen

1013
Pemaparan hasil survei nasional Konsepindo/ Foto: Nurhandi

MONITOR, Jakarta – Lembaga Survei Konsep Indonesia (Konsepindo Research & Consulting) merilis hasil survei nasional yang digelar pada 17-24 Februari 2019 di Jakarta, Rabu (13/3). Dalam survei tersebut Konsepindo menemukan bahwa jika pemilihan presiden (pilpres) digelar hari ini, pasangan Jokowi-Maruf unggul 55 persen suara, 33.2 persen suara diraih Prabowo-Sandi, sementara 11,8 persen responden belum memutuskan.

“Melihat selisih yang ada dan menimbang sisa waktu yang tinggal 35 hari lagi, bisa diprediksi pilpres ini akan dimenangkan pasangan Jokowi-Maruf Amin. Ini tentu jika tidak ada kejadian yang luar biasa,” ujar Direktur Konsepindo Research & Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman saat memaparkab hasil surveinya.

Lebih lanjut Veri menjelaskan, banyak faktor yang saling berkaitan sehingga Jokowi-Maruf dianggap lebih terbuka peluangnya untuk memenangkan kontestasi. Faktor tersebut diantaranya adanya persepsi positif atas kinerja Jokowi sebagai presiden, dimana 69.6 persen responden mengaku puas dengan kinerja Jokowi, sementara yang menyatakan belum puas sebanyak 26 persen.

Selain itu, survei Konsepindo juga menemukan bahwa sebanyak 28,3 persen responden menilai bahwa pasangan Jokowi-Maruf dianggap mampu menyelesaikan masalah ekonomi, sementara pasangan Prabowo-Sandi yang banyak menggunakan isu ekonomi dalam kampanyenya mendapat 26,7 persen.

“Poin penting temuan survei kita adalah Jokowi-Maruf dinilai mampu menyelesaikan masalah dan tantangan ekonomi dibanding rivalnya, padahal Prabowo-Sandi banyak mengeksploitasi isu ekonomi dalam kampanyenya,” tandas Veri.

“Gabungan faktor persepsi positif atas kinerja presiden dan persepsi kemampuan dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial, ekonomi, hukum, politik dan keamanan ini memiliki kontribusi penting atas tingginya elektabilitas Jokowi-Maruf dibanding lawannya,” pungkas Veri.

Untuk diketahui, survei tersebut melibatkan 1200 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling, dan memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen.