Kukuhkan DRD DKI, Ini Harapan Anies Baswedan

1037
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
MONITOR, Jakarta – Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan mengukuhkan 37 orang Anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi DKI Jakarta, periode 2018-2022 yang digelar di Balai Agung, Balaikota, Jakarta.

Pengukuhan dilakukan  berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 143 Tahun 2019, di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Selasa (5/3). Keberadaan DRD Provinsi DKI Jakarta ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Dalam acara pengukuha  Anies menyebut ingin agar DRD Provinsi DKI Jakarta menjadi bagian dari jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk berkolaborasi dan bekerja sama memberikan kontribusi, ide, pemikiran, maupun gagasan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga qsegala rumusan masukan, kajian dan hasil-hasil penelitiannya dapat membuahkan terobosan/inovasi dan solusi yang bermanfaat bagi kepentingan percepatan pembangunan DKI Jakarta, guna mewujudkan Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya.

“Hari ini kita mengukuhkan Anggota Dewan Riset Daerah (DRD Provinsi DKI Jakarta). Kita melantik mereka setelah melalui proses seleksi untuk bertugas di sini. Kita berharap Dewan Riset ini bisa ikut memberikan terobosan untuk menyelesaikan masalah di Jakarta. Diharapkan (juga) Ibu Kota (bisa) menjadi salah satu percontohan di dalam pengelolaan masyarakat yang berkeadilan, berkemajuan, dan memberikan peluang terobosan/inovasi,” ujarnya

Tak hanya itu Anies juga mengharapkan DRD ini dapat merumuskan strategi pengembangan pembangunan Kota Jakarta melalui pendekatan kajian ilmu pengetahuan, dan memberikan pertimbangan secara kritis, kreatif, dan inovatif untuk pengambilan kebijakan di bidang riset, ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai kompetensi para Anggota DRD Provinsi DKI Jakarta.

“Pekerjaan Rumah (PR) kita banyak, tapi kita berharap hal-hal yang paling mendasar, kebutuhan air, kesehatan, pendidikan, hunian, dan kebutuhan atas ruang interaksi/publik (ruang ketiga) itu menjadi PR (bersama). Semoga muncul terobosan-terobosan yang membuat Jakarta (menjadi) maju kotanya dan bahagia warganya. Bila itu tercapai, insyaAllah kita bisa sampaikan kepada semuanya bahwa Ibu Kota milik kita semua,” tandas Gubernur Anies.

Sekedar diketahui, 37 orang  Anggota DRD DKI Jakarta ini telah melewati berbagai proses seleksi oleh tim yang difasilitasi Pemprov DKI Jakarta. Di samping itu, Pemprov DKI Jakarta telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 268 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 131 Tahun 2014 Tahun 2014 tentang Pembentukan Dewan Riset Daerah sebagai bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Adapapun nama-nama anggota Dewan Riset Daerah Provinsi DKI Jakarta Periode 2018-2022 sebagai berikut:
1. Heru Susetyo, S.H., L.L.M., M.Si., Ph.D.
2. Drs. Eman Sulaeman Nasim, M.H
3. Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, B.Eng. M.Eng, Ph.D.
4. H.Faransyah Agung Jaya, S.E., M.S.F.
5. Mohamad Soleh Nurzaman, S.E., MIDEc., Ph.D.
6. dr. Eddi Junaidi, Sp.O.G. S.H., M.Kes.
7. Sunarsip, Ak., M.E
8. Prof. Kemas Ridwan Kurniawan, S.T., M.Sc., Ph.D.
9. Dr. Djoni Hartono
10. Joko Adianto, S.T.,M.Ars., Ph.D.
11. Ir. Emir Riza Avialda, M.B.A.
12. Dr. H. Dadang Solihin, S.E., M.A.
13. Adhamaski Pangeran, S.T
14. Khoirunurrofik, Ph.D.
15. Prof.dr.Pratiwi Pujilestari Sudarmono, Ph.D., Sp.M.K.(K)
16. Roestiandi Tsamanov
17. Sukma Widyanti, M.Si.
18. Anang Kelanajaya Umaedi, S.E., Ak., M.B.A.
19. Suwardi Hagani, S.S.
20. Gilang Satriya Adhi Utama, S.Si., M.B.A
21. Arie Mufti, S.T.
22. Dr. Ir. Ady Rizalsyah Thahir, M.A
23. Ubaidillah, S.P., M.S.E
24. Ibnu Tadji H. Nurwendo
25. Erick Yusuf
26. Berly Martawardaya, S.E., M.Sc.
27. Dr. Chotib, M.Si.
28. Drs. Isroil Samihardjo, M.Def.Stud.
29. Andi Rahmah, S.T., M.T
30. Iwan Setiawan
31. Dr. Ir. Aisa Dokmauly Tobing, M.Sc., M.CP.
32. Ir. Muhammad Fausal Kahar
33. Teddy Rionald Bachtiar, S.T.
34. Dr. Ir. Jaizuluddin Mahmud, M.T.
35. Dr. Ing. Widodo Setiyo Pranowo, S.T., M.Si.
36. Ir. Priyadi Priyautama Ignatius, M.Si.
37. Dr. Ir. Susi Yunia R. Sanie Herman, M.Si.