Jumat, 19 April, 2024

Jelang Pilpres dan Pemilu, Anies Ajak Warganya Lakukan ini

MONITOR, Jakarta – Menjelang pilpres dan pemilu 2019, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh elemen dan warga Jakarta agar menjaga ketertiban dan keamanan dan Ibukota dengan baik.

Hal itu disampaikan oleh Anies dirinya bertindak sebagai Pembina Apel Tiga Pilar bersama TNI, Polri, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta se-wilayah diselenggarakan di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Rabu pagi (27/2).

Menurut Anies, Pemprov DKI Jakarta melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi DKI Jakarta berkomitmen bersama TNI-Polri untuk memastikan memberikan pelayanan terbaik mengamankan Ibu Kota selama Pemilu 2019.

Dalam kesempatan ini,  Anies secara simbolis menyerahkan kendaraan Dinas Operasional dan Surat Tugas Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) kepada Satpol PP Provinsi DKI Jakarta guna mendukung pengamanan Pemilu 2019, khususnya tingkat Kelurahan di seluruh wilayah Jakarta. Satpol PP Provinsi DKI Jakarta diberikan 261 unit motor dan 261 unit mobil, serta merekrut 786 personel PJLP.

- Advertisement -

Anies mengimbau seluruh pihak berkolaborasi menjaga stabilitas keamanan agar tercipta suasana Ibu Kota yang kondusif.

“Kita semua menyadari posisi strategis Ibu Kota. Karena itu, tiga unsur (yaitu) TNI, Polri dan Pemprov (Satpol PP DKI Jakarta) akan terus kerja bahu-membahu memastikan persiapan pelaksanaan dan pasca Pemilu, Ibu Kota tetap kondusif. Suasana yang terbentuk di Jakarta akan mempengaruhi suasana di seluruh Indonesia.

Karena itu, ini adalah tugas yang amat strategis, amat penting, dan pandang ini sebagai sebuah kehormatan. Kita semua berharap seluruh masyarakat untuk turut membantu pengamanan,” ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies berpesan agar semua pihak tetap waspada dan mengantisipasi berbagai kemungkinan kejadian di Jakarta. Kota Jakarta, termasuk kawasan penyanggah Bodetabek, diharapkan tetap kondusif, dan situasi Kamtibmas perlu terus terjaga.

Sehingga, setiap kegiatan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat, sejak dini harus dapat dicegah agar tidak berkembang luas dan besar.

“Cara membantunya adalah bila menyaksikan ada hal-hal yang dipandang berpotensi untuk mengganggu keamanan, jangan bertindak sendiri. Tapi, laporkan kepada aparat kita, baik Polisi, TNI maupun Pemprov. Karena, bagian penegakan hukum itu bagian kita, pengamanan adalah bagian negara.

Karena itu, bagi warga yang memiliki informasi, laporkan. Kita bisa bersama menjaga suasana Ibu Kota yang aman, damai, kondusif. Semua aparat kita, aparat ASN, harus bertindak netral. (Untuk) warga yang penting, jaga kerahasiaan, jangan ada tekanan, dan silahkan memilih sesuai dengan aspirasi,” tandasnya.

Selanjutnya, Anies turut mengapresiasi Aparat Keamanan TNI dan Polri, serta segenap lapisan masyarakat, atas kerja sama dan koordinasi yang semakin solid. Sehingga, kota Jakarta dalam kondisi aman dan kondusif.

“Alhamdulillah sejauh ini semua berjalan dengan baik (dan) lancar. Insya Allah suasana menjelang Pemilu juga tenang, aman (dan) damai. Sehingga, Ibu Kota bisa menyebarkan suasana tenang teduh (dan) damai ke seluruh Indonesia. Insya Allah kita akan terus bekerja bersama memastikan bahwa kondisi di Jakarta aman,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER