Inhil Jadi Kluster Kelapa Di Indonesia, M Nasir Tekankan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat

1023
M Nasir Caleg DPR RI Dapil Riau II

MONITOR, Indragiri Hilir – Dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan turunan kelapa yang ada di Kabupaten Inhil, Bupati HM Wardan melakukan audiensi dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) RI, Jum’at (18/1/19).

Dalam audiensi yang berlangsung di Ruang Rapat Hotel Mercure Pantai Indah Ancol, Jakarta Utara ini, pihak Kemenristik Dikti RI diwakili Dr Ir Jumain Appe MSi, Direktur Jendral Inovasi dan Penguatan dan Eka Gandara, Kasubdit Kemitraan Strategis dan Wahana Inovasi Kemenristek Dikti.

Sedangkan Bupati HM Wardan didampingi Sekda, Asisten II, Kepala Bappeda beserta Kabid, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Perkebunan, Plt. Kadis Perindag, Kabag Ekonomi & SDA serta Kasubbag.

Merespon hal tersebut, Muhamad Nasir Caleg DPR RI Dapil Riau II mengapresiasi langkah pemerintah menjadikan Inhil sebagai Kalster Kelapa di Indonesia. Dirinya juga menyakini langkah tersebut mampu meningkatkan kualitas kelapa di Indonesia.

“Selamat dan sukses atas dijadikannya Inhil sebagai Klaster Kelapa di Indonesia. Kedepan Kabupaten Indragiri Hilir akan menjadi pusat pengembangan dan menjaga kulitas kelapa di Indonesia” ungkapnya, (20/1/2019).

Berdasarkan penelitian Prof Wisnu Gardjito ada 1500 turunan kelapa. Namun dalam pengembangannya di Inhil ditemui permasahan Disamping, permasalahan yang dihadapi masyarakat sebagai petani kelapa, yakni kondisi kelapa yang sudah tua.

Caleg dari Partai Demokrat ini juga menambahkan pihaknya akan terus mendorong agar pemerintah dan seluruh elemen masyarakat turut aktif mewujudkan Ihil sebagai kluster kelapa di Indonesia.

“Semoga dengan dijadikannya Kabupaten Inhil sebagai Kluster Kelapa di Indonesia mampu meningkatkan kulitas kesejahteraan masyarakat Indragiri Hilir” tutupnya.