Sabtu, 20 April, 2024

Tim Advokasi Prabowo-Sandi Laporkan Capres Petahana ke Bawaslu DKI

MONITOR, Jakarta – Pidato politik calon presiden (capres) nomor urut 01, di hadapan Ikatan Alumni UI (Iluni UI) for Jokowi, berbuntut panjang. Pasalnya Tim advokasi Badan Pemenangan Provinsi Prabowo-Sandi melaporkan capres petahana tersebut.

“Hari ini kami melaporkan adanya pelanggaran yang dilakukan pasangan nomor urut 01. Laporan kami diterima bagian pengawas Bawaslu DKI Raka Jaelani. Bukti laporan sudah tertera dalam surat Bawaslu nomor : 006/lp/pp/prov /12 00/1/2019,” kata Sekretaris Badan Pemenangan Provinsi Prabowo-Sandi, Muhammad Taufiqurahman, saat menggelar keterangan pers di kantor Bawaslu DKI, di kawasan Sunter, Rabu (16/1).

Laporan yang dilayangkan ke Bawaslu itu kata Taufiqurahman disertai 3 lampiran. Pertama video rekaman sambutan Presiden Jokowi di acara tersebut yang kontennya berisi dugaan kampanye. Kedua, link pemberitaan media online terkait acara tersebut. Dan penyampaian visi misi Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Yang dimana itu disampaikan visi misi tersebut disampaikan dalam deklarasi Iluni tersebut,” ujar Taufiqurahman.

- Advertisement -

Terkait dugaan pelanggaran tersebut, Taufiqurahman menerangkan pada sambutannya di acara Iluni UI yang digelar di kawasan Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jokowi menjanjikan akan memberi fasilitas rumah murah. Pernyataan Jokowi itu dianggap menyalahi aturan.

“Padahal penyampaian pidato politik tersebut baru diperbolehkan pada tanggal 24 sampai 21 hari ke depan. Kenapa kemarin sudah disampaikan, itu kan bisa dikatakan nyolong start,” tegas Taufiqurahman.

Dengan adanya laporan itu, Taufiqurahman menambahkan, pihaknya berharap pelaksanaan pemilu yang rencana akan digelar beberapa bulan lagi berjalan jujur adil dan transparan.

“Kami harap laporan ini tidak ada intervensi dari pihak manapun termasuk dari orang nomor 1 di negri ini. Keadilan harus tetap ditegakan dan pelanggaran kami harap tidak ada dalam pesta demokrasi yang sedang berlangsung,” tutur Taufiqurahman.

Seperti diketahui Sabtu (12/1) lalu, ribuan orang berkaus kuning memadati kawasan Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, untuk mengikuti deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf.

Mereka mengatasnamakan Gerakan Alumni Universitas Indonesia untuk Jooko Widodo-Ma’ruf Amin. Jokowi pun menghadiri acara tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER