Muhamad Nasir Puji Putra Kampar yang Berhasil Jaga Kedaulatan Udara NKRI

1020
M Nasir Caleg DPR RI Dapil Riau II

MONITOR, Kampar – Dua pesawat tempur jenis F16 Fighting Falcon menurunkan paksa satu pesawat kargo jenis Boeing B777 dioperasikan oleh Ethiopian Cargo, Senin, 13 Januari 2019.

Penurunan paksa pesawat Ethiopian Cargo tersebut dilakukan dua pesawat tempur F16 dari Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin pagi, di Bandara Udara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, pukul 09.33 WIB, disusul dua pesawat F16 TNI AU, pukul 09.42 WIB.

Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AU, Marsma TNI Samyoga menjelaskan pesawat Ethiopian Air dengan nomor registrasi ET-AVN kita turunkan paksa karena memasuki wilayah kedaulatan udara yurisdiksi Indonesia tanpa dilengkapi Flight Clearance (FC).

Merespon hal tersebut, Muhamad Nasir Caleg DPR RI Dapil Riau II mengapresiasi tindakan gagah berani yang dilakukan oleh Pnb Barika (TS-1627) dan Kapten Pnb Anang (TS-1633). Ternyata setelah di cek, Barika ini merupakan putra terbaik Riau? Tepatnya Kabupaten Kampar kelahiran Pekanbaru.

“Sebagai masyarakat Riau kita tentu patut berbangga memiliki putra daerah yang memiliki pengabdian yang kuat pada negara. Semoga menjadi teladan nagi generasi muda Riau” ungkapnya, (16/1/2019).

Kadispen AU menjelaskan, pesawat tersebut berangkat dari Addis Ababa, ibukota Ethiopia dengan tujuan Hong Kong. Pesawat itu memasuki wilayah udara Indonesia tanpa bisa menyebutkan izin atau FC setelah dihubungi otoritas navigasi udara Indonesia (AirNav) melalui komunikasi radio.

Caleg dari Partai Demokrat ini juga menambahkan pihaknya akan mendorong pemuda Riau agar aktif dalam kegiatan-kegiatan di pentas nasional. “Selalu kita upayakan dan beri dukungan full agar pemuda Riau bisa bersaing di pentas nasional dan dunia internasional” tutupnya.