DPR Ajak Masyarakat Kritisi Debat Capres Cawapres

1017
KPU RI menggelar rapat persiapan debat paslon capres cawapres 2019

MONITOR, Jakarta – Debat capres cawapres perdana yang digawangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan dilaksanakan pada 17 Januari 2019 besok. Pada momentum ini, Wakil Ketua komisi II DPR RI Herman Khaeron mengajak masyarakat untuk memberikan penilaian dari sisi profesionalitas, wawasan, nasionalisme dan sisi lainnya.

“Sarana debat ini tentu juga untuk bisa membangkitkan rasa ingin tahu serta pendidikan politik bagi masyarakat. Rasanya nanti ini akan menjadi sesuatu yang positif di masyarakat,” kata Herman kepada wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, baru-baru ini.

Beberapa dinamika seputaran debat ini diantaranya materi soal yang sudah diberitahukan kepada para kandidat, menurutnya hal tersebut harus dibatasi dan tidak perlu secara detail dan menyeluruh disampaikan kepada kandidat. “Ya ini bukan debat namanya, itu menghafal kopean,” tambah legislator Partai Demokrat itu.

“Oleh karenanya, menurut saya bagaimana pengembangan dan uraian yang lebih komprehensif dari debat tersebut, sehingga akan memperlihatkan bagaimana daya nalar, daya tangkap, kemudian daya jawab dari kandidat ini meyakinkan publik bahwa inilah sesungguhnya presiden yang tepat untuk memimpin Indonesia ke depan,” terang Herman.

KPU telah mengagendakan debat pasangan capres dan cawapres berlangsung sebanyak lima kali. Herman mengajak lapisan masyarakat untuk mendukung dan mengikuti pelaksanaan debat serta tahapannya, karena ini merupakan salah satu proses demokrasi yang harus dilalui.

ia mengatakan, saat ini masih banyak masyarakat yang apriori terhadap pemilu ini, baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif. Mereka menganggap tidak penting dan tidak terlalu krusial, padahal pemilu adalah sebuah mesin politik yang akan menghasilkan pimpinan negeri baik di legislatif maupun di eksekutif.