Rabu, 24 April, 2024

M Rahul desak Pemerintah Lebih Serius tangani Kebakaran Hutan di Riau

MONITOR, Rokan Hilir – Sejak awal tahun 2019 hingga hari ini kebakaran hutan dan lahan (Karhutala) di Kabupaten Rohil masih belum juga padam. Lahan yang terbakar meluas yang awalnya hanya 4 hektar, menjadi 40 hektar. Kebakaran terjadi di Desa Mamugo, Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil dan meluas hingga ke Kota Dumai.

Kepala Bidang Kedaruratan (BPBD) Riau, Jim Gafur menjelaskan Kebakaran terjadi di titik kordinat 01°40’40”, 101°23’39. Pihaknya masih terus mengupayakan pemadaman sampai hari ini, (7/1/2019).

Menanggapi bencana tersebut, M Rahul, Caleg DPR RI Dapil Riau I menegaskan perlunya langkah kongkrit dan sinergi bersama setiap stake holder agar bencana semacam ini segera teratasi. “Masa kebakaran masih belum selesai sampai hari ini. Perlu berapa luas lagi hutan dan lahan kita hangus terbakar” katanya geram, (7/1/2019)

Pemerintah Provinsi Riau rencananya akan menetapkan status siaga darurat kebakaran. Ini dimaksudkan agar penanggulangan kebakaran lebih terpadu. Sampai hari ini, sinergi dari BPBD Kabupaten Rohil dan Kota Dumai serta dari pihak Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah bekerjasama melakukan upaya pemadaman.

- Advertisement -

Caleg muda dari Partai Gerindra ini menambahkan kritiknya terhadap upaya yang dilakukan pemerintah yang dinilai lamban. “Harus cepat dong, jangan dibiarkan terus meluas. Hangus hutan dan lahan kita nanti” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER