Kamis, 25 April, 2024

Bupati Nduga Dukung TNI Polri Habisi Kelompok Separatis Papua

MONITOR, Jayapura – Bupati Nduga Yairus Gwijangge memberikan dukungan kepada tim gabungan TNI dan Polri untuk mengejar kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Diketahui, kelompok separatis yang pimpian Egianus Kogoya itu telah menembak mati belasan pekerja jalan trans Papua dari PT Istaka Karya pada awal Desember 2018.

“Silahkan aparat TNI dan Polri untuk melakukan penegakkan hukum,” ujarnya kepada wartawan, sebagaimana diwartakan Antara, Selasa (1/1/2019).

Menurut dia, aksi yang dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya merupakan tindakan yang tidak terpuji dan tidak berperikemanusiaan serta telah membuat gaduh di bulan yang penuh damai, bulan yang bagi umat kristiani adalah bulan yang penuh berkat dan lahirnya sang juru selamat, Yesus Kristus.

“Mereka yang sudah melakukan pembunuhan terhadap anak-anak Tuhan yang tidak berdosa itu, terkutuklah mereka. Ini cara yang sangat biadab, yang sangat tidak manusiawi, ini cara yang tidak bagus yang mereka (KKB-red) lakukan, saya sampaikan permohonan maaf, mereka sudah salah,” tuturnya.

- Advertisement -

Akibat kekerasan itu, kata dia, masyarakat Nduga menjadi trauma oleh kejahatan KKB, sementara TNI dan Polri sedang melaksanakan tugas negara, melindungi rakyat agar tidak terjadi aksi kekerasan.

“Pemerintah punya kewajiban lewat TNI dan Polri untuk melindungi rakyatnya dari aksi tidak terpuji oleh kelompok itu. Harapanya TNI dan Polri bisa bertugas secara profesional, TPN/OPM atau KKB adalah musuh bangsa, silakan kejar mereka, asal rakyat saya tidak korban,” katanya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER