PB PMII dorong Mahbub Djunaidi sebagai Pahlawan Nasional

MONITOR, Jakarta – Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menggelar Seminar Nasional: Mahbub Djunaidi For Pahlawan Nasional dan Launching Mahbub Djunaidi Institute, Senin (17/12), Aula Gedung Juang 45. Jl Cikini Raya, Menteng, Jakarta.

Dibuka oleh sesepuh sekaligus salah satu pendiri PMII, KH. Ahmad Bagdja seminar tersebut juga dihadiri pihak keluarga putra Mahbub Djunaidi, Isfandiari MD, Akademisi Universitas Bung Karno Yana Priatna M.Hum Dan Ketua Umum PB PMII Agus Mulyono Herlambang.

Agus Mulyono Herlambang Ketum PB PMII mengatakan Mahbub Djunaidi Institute langkah awal, untuk dapat menginisiasi Cabang-cabang di Daerah dalam upaya mendorong pensdiri sekaligus Ketua Umum PB PMII Pertama, Sahabat Mahbub Djunaidi menjadi Pahlawan Nasional.

“Melaunching satu forum Mahbub Djunaidi Institute agar dapat digelorakan kajian kajian secara Nasional terkait Peraturan Undang-undang 20 nomer 2009 tentang mekanisme tata cara seseorang dianggap layak mendapatkan pahlawan,” kata Agus.

Sementara itu, KH Ahmad Bagdja yang juga mantan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengatakan sosok Mahbub Djunaidi sangat layak dianugerahkan sebagai pahlawan nasional.

Menurut mantan Ketua PB PMII 1977-1981 tersebut, menegaskan Mahbub Djunaidi berperan penting tidak hanya mengurusi PMII dan NU tapi juga berkontribusi bagi perkembangan dunia pers Indonesia.

“Sangat pantas, karena Mahbub Djunaidi sudah dari dulu sudah sangat pantas, Mahbub Djunaidi jauh punya prestasi dibandingkan yang lain, Ia tidak cuma ngurus PMII, Ia mengurus NU dan Dunia Persnya,” tegasnya.

Bagi Ahmad Bagja, Mahbub Djunaidi adalah seorang Idelog PMII dan peletak dasar Pers Nasional, “Pikirannya melampaui zamannya,” ujarnya.

“Saya sampaikan, Mahbub Djunaidi orang besar. Sadar atau tidak sadar, merasa atau tidak merasa kita di PMII juga karena sumbangan pemikiran Mahbub Djunaidi” Tutupnya.