Jumat, 29 Maret, 2024

LPDB Berikan Edukasi Pembiayaan Bagi Wirausaha Pemula dan Startup

MONITOR, Jakarta – Sebagai rangkaian acara dari Insyaf (Indonesia Syariah Fair) yang akan dilaksanakan pada tanggal 27-29 November 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menggelar Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Bisnis Kewirausahaan dan Bisnis Startup di Smesco Indonesia.

Kegiatan yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha pemula atau startup binaan Serikat Saudagar Nusantara (SSN) yang usahanya baru berusia di bawah 2 tahun tersebut, merupakan langkah dalam memberikan pemahaman dan berbagai informasi mengenai akses pembiayaan, baik melalui LPDB-KUMKM maupun perbankan yang menjadi mitra LPDB-KUMKM.

Dalam sambutannya, Direktur Pembiayaan Syariah LPDB-KUMKM, Jaenal Aripin, mengungkapkan, “Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas akses permodalan bagi para pelaku UMKM dan pelaku bisnis startup, dan mensosialisasikan penyaluran pembiayaan dana bergulir LPDB-KUMKM.” Katanya.

Foto: Istimewa

Menurut Jaenal, pihaknya telah menggandeng perbankan syariah sebagai alternatif pembiayaan bagi UMKM pemula ataupun startup, guna memudahkan akses permodalan usaha.

- Advertisement -

Hal tersebut diamini Direktur Bisnis LPDB-KUMKM, Iman Pribadi, yang mengatakan bahwa peserta dalam acara tersebut diikuti oleh mayoritas pelaku usaha pemula atau startup yang masih di bawah 2 tahun. Maka dari itu LPDB-KUMKM berupaya memberikan bimbingan teknis untuk mendapatkan akses pembiayaan dana bergulir ataupun pembiayaan dari perbankan.

“Agar mereka mengetahui bahwa LPDB, jika tidak dapat memberikan akses pembiayaan, bisa melalui perbankan yang merupakan mitra LPDB-KUMKM,” tegas Iman.

Selain itu, kegiatan sosialisasi juga merupakan upaya mewujudkan tujuan pemerintah dalam rangka pengembangan kewirausahaan untuk menciptakan lapangan kerja baru, dengan memberikan edukasi kepada pelaku usaha UMKM dalam hal akses permodalan.

Iman juga menjelaskan bahwa upaya tersebut merupakan sinergi antara Kementerian Koperasi dan UKM dengan LPDB-KUMKM sebagai satuan kerja dengan berbagai institusi jasa keuangan, sebagai wujud implementasi ‘LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang inklusif’ dalam pengembangan sektor produktif di Indonesia.

Iman berharap, para pelaku usaha pemula atau startup dapat membawa banyak manfaat dan informasi yang berguna untuk mengakses Dana Bergulir LPDB-KUMKM bagi pengembangan bisnisnya. “Diharapkan dari kegiatan ini nantinya ada wirausaha pemula yang bisa mendapatkan akses permodalan melalui program ini baik secara langsung dari Kementerian Koperasi dan UKM, LPDB-KUMKM maupun program dana bergulir yang disalurkan melalui lembaga perantara mitra LPDB-KUMKM,” tambah Iman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER