EKONOMI

Produk Makanan dan Minuman Indonesia Rambah Kanada

MONITOR, Vancouver – Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Vancouver terus berupaya meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman (mamin).

Kini, produk mamin asal Indonesia mulai merambah toko makanan dan jaringan ritel di wilayah Vancouver, Kanada dan sekitarnya.

“Pasar Kanada memang sangat potensial bagi produk mamin Indonesia, mengingat tingginya jumlah imigran asal Asia yang menetap di Vancouver dan sekitarnya,” ujar Kepala ITPC Vancouver, Rafika Arfani, melalui rilis yang diterima MONITOR, Jumat 19 Oktober 2018.

Dengan populasi sebesar 2,46 juta penduduk, Vancouver tercatat sebagai kota terpadat ketiga di Kanada, sekaligus menjadi pasar yang cukup menggiurkan untuk produsen makanan minuman asal Asia, termasuk Indonesia.

Hal ini mengingat secara demografi, etnis Asia mencapai 43,9 persen dari total penduduk Vancouver dengan rumpun dan selera yang cukup serupa. Produk Indonesia yang baru saja berhasil menembus pasar Kanada adalah Kokal, minuman kolang-kaling dari Mustika Ratu dan kerupuk udang mentah serta kerupuk Krobe dari Finna.

Sementara itu, produk Indonesia yang sudah terlebih dahulu masuk di Vancouver dan mudah ditemui di beberapa supermarket terkemuka bahkan hampir di semua gerai Seven Eleven adalah mi goreng Indomie dari Indofood.

Menyusul diminatinya produk tersebut, Indofood kini juga memasarkan Chitato rasa mi goreng. Tak ketinggalan, produk kopi 3 in 1 Kopiko, biskuit Astor, dan Danisa dari Mayora juga menjadi favorit, terutama pada perayaan Natal dan Tahun Baru Imlek. Bahkan, Danisa kini sudah tersedia di Walmart, salah satu jaringan ritel terbesar di wilayah Vancouver.

Berdasarkan data perdagangan Kanada, impor Kanada dari dunia atas produk mamin relatif tinggi. Pada periode Januari—Agustus 2018, impor Kanada untuk produk makanan tergolong dalam kategori roti, kue kering, kue, biskuit dan roti lainnya mencapai USD 982,06 juta, atau naik 4,1 persen dari nilai tahun lalu yang tercatat sebesar USD 943,02 juta.

Sementara itu pada periode yang sama, impor produk minuman kategori minuman nonalkohol, selain bir nonalkohol, selain jus buah/sayuran tercatat sebesar USD 355,5 juta, atau turun 7,7 persen dari nilai tahun lalu yang tercatat sebesar USD 385,18 juta.

Adapun nilai impor produk makanan dan minuman pada tahun 2017 masing-masing mencapai USD 1,48 miliar dan USD 563,1 juta. “Melihat cukup tingginya impor atas produk mamin tersebut, Indonesia mempunyai peluang yang cukup besar untuk bersaing dengan produk dunia lainnya dalam memenuhi permintaan pasar Kanada.

Diharapkan, ke depannya akan semakin banyak produk unggulan Indonesia yang dapat diekspor dan menembus pasar Kanada,” ujar Rafika.

Recent Posts

Khutbah Idul Fitri, Prof Rokhmin: Puasa Meningkatkan Kualitas Hidup dan Indonesia Emas 2045

MONITOR, Jakarta - Anggota DPR RI 2024–2029, Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS dalam khutbah…

4 jam yang lalu

Presiden dan Wakil Presiden Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal

MONITOR, Jakarta - Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka menunaikan salat Idulfitri…

6 jam yang lalu

KJRI Jeddah Rayakan Idulfitri 2025 Bersama Timnas U-17 dan Warga RI di Saudi

MONITOR, Jakarta - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah menggelar perayaan Hari Raya Idulfitri…

7 jam yang lalu

Puan Sampaikan Selamat Idul Fitri 2025, Ajak Semua Elemen Bangsa Pererat Persaudaraan

MONITOR, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan selamat Hari Raya Idul Fitri 1446…

18 jam yang lalu

Menag Ajak Jadikan Idulfitri Momentum Tingkatkan Sinergi dan Cegah Korupsi

MONITOR, Jakarta - Umat muslim di Indonesia tengah bersiap menyambut hari kemenangan Idulfitri 1446 H…

21 jam yang lalu

Analis Apresiasi Langkah Strategis Kapolri dan jajaran Lancarkan Arus Mudik

MONITOR - Arus mudik tahun 2025 berjalan lancar. Diperkirakan 146 juta orang lebih kembali ke…

22 jam yang lalu