Menteri Dukung Jokowi Dianggap Wajar

1009
Pasangan capres cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin

MONITOR, Jakarta – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, menganggap dukungan sejumlah menteri kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin merupakan hal yang wajar, karena menteri merupakan jabatan politik.

Terlebih, menurut Karding tidak ada aturan yang melarang menteri mendukung salah satu kontestan pilpres. Karding menyebut kondisi tersebut tak bisa dihindari. “Sebetulnya soal menteri kan pejabat politik. Jadi, sah-sah saja memberi dukungan dan mengendorse satu hal untuk presidennya, wajar hukumnya,” kata Karding di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 15 Oktober 2018.

Menurut politikus PKB itu, yang tidak boleh dilakukan yakni menyalahgubakan kewenangan menteri. “Yang tidak boleh dilakukan, jangan sampai saat dia menjadi menteri menggunakan kewenangannya untuk kampanye,” ujar Karding.

Ada dua menteri dari Kabinet Kerja masuk dalam TKN Jokowi-Ma’ruf Amin yakni Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.