Kamis, 28 Maret, 2024

LPDB Jadikan PLUT Mitra Strategis Tingkatkan Layanan KUKM

MONITOR, Semarang – Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Braman Setyo optimis kerja sama pihaknya dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) akan meningkatkan layanan bagi koperasi dan UKM.

Hal itu disampaikan Braman Setyo dalam kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Program Inklusif di Semarang, Selasa (2/10/2018).

“Kalau saya amati, masih banyak yang belum tahu LPDB. Namun saya optimis, sinergi dengan PLUT akan membuat LPDB dapat memberikan layanan lebih baik lagi ke depan,” ujar Braman.

Braman beralasan, luasnya wilayah Indonesia menjadi salah satu kendala sosialisasi LPDB selama ini. Padahal, kata dia, sosialisasi sudah dilakukan setiap hari dengan berbagai cara, baik melalui media cetak dan elektronik maupun secara langsung.

- Advertisement -

Oleh karenanya Braman menyambut baik kerja sama LPDB dengan PLUT. Menurutnya, kerja sama ini menjadi investasi jangka panjang, sehingga pihaknya akan menambah jumlah PLUT agar koperasi dan UKM semakin mudah menerima dana bergulir.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Braman Setyo membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Program Inklusif di Semarang (Foto: Istimewa)

“Saat ini baru 13 PLUT. Kita akan terus tingkatkan, sehingga 56 PLUT akan bersinergi dengan LPDB,” jelasnya.

Agar terlaksana dengan baik, imbuh Braman, pihaknya akan menempatkan satu hingga dua staf LPDB untuk bersinergi dengan PLUT.

“Bersama Pojok Layanan Informasi LPDB (POLI-LPDB)  yang sudah ada, PLUT akan menjadi mitra strategis untuk melayani koperasi dan UMKM,” ujarnya.

Braman pun mengaku telah memiliki jurus agar konsultan PLUT semakin terpacu untuk membantu LPDB. Salah satunya dengan memberikan reward bagi konsultan PLUT yang dinilai berprestasi.

“Kami akan berikan reward bagi personal konsultan PLUT yang sukses mendampingi koperasi dan UKM hingga pencairan dana. Silakan bersaing mendapatkan mitra LPDB,” kata Braman disambut tepuk tangan peserta acara.

Acara bertajuk “Sinergitas Layanan Informasi Pinjaman/Pembiayaan antara LPDB-KUMKM dengan PLUT-KUMKM” tersebut diikuti 50 peserta dari PLUT dan dinas koperasi se-Jawa.

Kegiatan selama dua hari itu juga dihadiri Direktur Bisnis LPDB KUMKM Iman Pribadi, Direktur Pembiayaan Syariah LPDB KUMKM Jaenal Aripin, Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM Eviyanti Nasution, Direktur Jamkrida Jawa Tengah Adi Nugroho dan Kepala Kantor Wilayah Jamkrindo Jawa Tengah Wahyu D.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER