Kalah di Survei, Prabowo-Sandi selalu Menang di Polling Media Sosial

Prabowo-Sandi saat pendaftaran di KPU RI, Jumat (10/8)

MONITOR –┬áKemenangan pasangan calon presiden dan Wakil presiden Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno terus bersaing di beberapa polling dan survei sejumlah lembaga.

Seperti survei LSI Denny JA yang diselenggarakan pada Agustus 2018, pasangan nomor urut satu yaitu Jokowi-Ma’ruf Amin jauh lebih unggul dibandingkan rivalnya, Prabowo-Sandi. Keduanya pun memiliki peta di beberapa kantong suara masing-masing.

Terbaru, sebuah program di stasiun televisi Mata Najwa menghadirkan polling di media sosial, baik Twitter, Facebook dan Instagram. Pada masing-masing polling, keduanya memenangi hasil polling secara bergantian.

Misalnya di media sosial Twitter, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin lebih unggul dengan perolehan 52 persen suara, sementara Prabowo-Sandi meraup 48 persen. Selisih suara keduanya kali ini cukup tipis.

Hasil polling Mata Najwa

Akan tetapi, polling di media sosial Facebook dan Instagram, justru menghantarkan pasangan pomor urut 02 Prabowo-Sandi sebagai pemenang. Dalam polling Mata Najwa, Prabowo-Sandi mendapatkan 73 persen suara, sedangkan Jokowi-Ma’ruf Amin memperoleh 27 persen. Ya, pasangan Prabowo-Sandi menang diatas angin.

Begitupun hasil polling Mata Najwa di lini Instagram, pasangan Prabowo-Sandi tampak melesat. Mereka mengantongi suara 62 persen vote, sementara pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 38 persen.

Hasil final polling Pilpres 2019 yang tersebut dilakukan Mata Najwa pada Sabtu, 22 September 2019. Melalui akun media sosialnya, Mata Najwa mengumumkan bahwa polling tersebut diselenggarakan untuk mengetahui respons pengguna media sosial pada pilihan presiden 2019 mendatang.

Polling lainnya dari akun media sosial twitter radio elshinta @RadioElshinta paslon nomor urut 2 Prabowo-Sandi unggul telak dibanding paslon nomor urut 1, Jokowi-Ma’ruf. Seperti terlihat dibawah ini :