Kamis, 25 April, 2024

Aksi Heroik Petugas Tol Cipularang Selamatkan Ibu Melahirkan

MONITOR, Purwakarta – Ada pemandangan menarik yang kerap terjadi pada petugas keamanan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau Rest Area Jalan Tol. Seperti yang dialami petugas KM 72A Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang)-Padaleunyi arah Bandung.

Petugas tersebut membantu persalinan seorang ibu pada Rabu (1/8) siang lalu. Kesigapan petugas di lapangan turut membantu persalinan tersebut sehingga berlangsung lancar. Ibu dan bayi pun lahir dengan selamat.

Kejadian ini bermula dari informasi pengunjung di TIP 72A sekitar pukul 13.09 WIB bahwa ada penumpang bus Merdeka dengan nomor polisi Z 7915 TB jurusan Banjar-Jakarta membutuhkan bantuan persalinan.

Sesampainya di lokasi, petugas menemukan seorang ibu yang telah melahirkan bernama Tarsih, warga Lembang, Bandung, Jawa Barat. Saat itu, Tarsih bersama suaminya bernama Wanto hendak pulang kampung.

- Advertisement -
Seorang ibu bernama Tarsih hendak melahirkan

Di perjalanan, Tarsih mengalami mulas dan pendarahan. Ia dan suaminya pun kemudian meminta sopir bus untuk berhenti di Rest Area 72A. Setelah kurang-lebih 10 menit turun dari bus, Tarsih melahirkan anaknya yang dibantu oleh suaminya.

Setelah itu, petugas keamanan TIP 72A bernama Elly membantu proses pascapersalinan tersebut. Bayi yang lahir tersebut berjenis kelamin laki-laki yang diberi nama Putra Krida Bangun Persada. Ibu dan bayi tersebut kemudian dibawa ke Rumah Sakit Thamrin Purwakarta untuk penanganan lebih lanjut.

Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi merupakan salah satu ruas tol yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Purbaleunyi. Sebagai bagian implementasi tata nilai Jasa Marga, APIC (Agility, Profesionalism, Integrity, Customer Focus), Jasa Marga senantiasa memastikan kesigapan dan petugas layanan jalan tol untuk dapat memberikan pertolongan darurat demi keselamatan pengguna jalan tol.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER