Jumat, 29 Maret, 2024

Jasa Marga Bentuk Tim JM Siaga Operasional Sukseskan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2018

MONITOR, Jakarta – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. terus memastikan kesiapan jelang arus mudik dan balik Lebaran 2018 (Idul Fitri 1438 H), hal itu dilakukan baik dari sisi kesiapan oprasional maupun konstruksi hingga aspek Sumber Daya Manusia (SDM).

Tujuannya, yakni guna mendukung kelancaran, kenyamanan dan keamanan selama arus mudik dan balik lebaran 2018 yang jatuh pada bulan Juni 2018 mendatang.

Seperti diketahui, saat ini Jasa Marga telah membentuk Tim Jasa Marga Siaga Operasional Lebaran 2018 (Tim JM Siaga) guna memastikan kesiapan tim yang akan bertugas mengawal arus mudik dan balik lebaran nanti. Upacara peresmian (kick off) Tim JM Siaga pun dilaksanakan hari ini, Senin (7/5) di Kantor Pusat Jasa Marga.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani yang juga menjadi pembina dalam upacara tersebut mengatakan, Jasa Marga memegang peranan vital dalam melaksanakan kegiatan arus mudik dan balik lebaran. Oleh karena itu, ia meyakinkan pasukan JM Siaga untuk memastikan aus mudik dan balik lebaran berjalan dengan lancara, selamat, aman dan nyaman bagi para pemudik.

- Advertisement -
Dirut Jasa Marga pantau kesiapan Tim JM Siaga 2018
Dirut Jasa Marga pantau kesiapan Tim JM Siaga 2018

Ya, mengingat jalan tol memang merupakan salah satu jalur yang paling sering dilalui oleh para pemudik, maka sebanyak lebih dari 200 orang personel JM Siaga pun akan dikerahkan oelha Jasa Marga.

“Jasa Marga memegang peranan yang sangat penting dalam setuap mudik lebaran, sehingga dengan dibentuknya Tim JM Siaga ini, diyakini mudik kali ini akan berjalan dengan lancar, selamat, aman dan nyaman bagi para pemudik,” ujar Desi di hadapan para petugas JM Siaga.

Lebih lanjut, Desi mengajak seluruh elemen Jasa Marga untuk berkaca pada keberhasilan pengamanan arus mudik dan balik lebaran tahun 2017. Menurutnya, segala keberhasilan dan apresiasi yang diberikan kepada Jasa Marga atas keberhasilan tersebut harus terus ditingkatkan untuk mengawal arus mudik dan balik lebaran tahun ini berjalan dengan lancar.

Dirut Jasa Marga memberikan sambutan langsung kepada Tim JM Siaga 2018
Dirut Jasa Marga memberikan sambutan langsung kepada Tim JM Siaga 2018

“Kita harus berkaca pada keberhasilan Tim JM Siaga Lebaran 2017. Beberapa apresiasi kita (Jasa Marga) terima atas keberhasilan tersebut. Namun kita tidak boleh berhenti sampai di sana. Tugas kita selanjutnya adalah meningkatkan pelayanan dari tahun sebelumnya, sehingga kita menjadi yang terbaik dalam mengoperasionalkan jalan tol,” imbuhnya.

Pada upacara tersebut juga, Tim JM Siaga mendapat pemaparan mengenai kesiapan operasional dan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan oleh Jasa Marga untuk mengamankan arus mudik dan balik. Desi memaparkan sejumlah strategi baru yang diterapkan pada arus mudik dan balik lebaran tahun ini dibandingkan tahun lalu. Menurutnya, selain mengerahkan Tim JM Siaga yang lebih banyak, tahun ini Jasa Marga akan menyediakan jalur-jalur fungsional dari proyek-proyek yang dimiliki oleh Jasa Marga.

Jalur-jalur fungsional tesebut terdiri dari: Jalan Tol Batang-Semarang (Ruas Batang-Krapyak), Jalan Tol Solo-Ngawi (Ruas Salatiga-Kertasura), Jalan Tol Ngawi-Kertosono (Ruas Wilangan-Nganjuk), dan Jalan Tol Pandaan-Malang (Ruas Pandaan-Purwodadi).

Dirut Jasa Marga mengecek kesiapan armada Tim JM Siaga 2018

Selain itu, Desi menuturkan, tahun ini pula Jasa Marga menyediakan lebih dari 100 sarana mobile reader di gerbang-gerbang tol tertentu guna memperlancar arus kendaraan saat melakukan transaksi jalan tol. Selain itu, Jasa Marga juga telah melakukan peningkatan dari segi kapasitas, konstruksi, dan pengerahan petugas-petugas operasional seperti Tim Sapu Lubang.

Sebagai penutup, Desi mengingatkan kepada seluruh karyawan Jasa Marga untuk saling bekerjasama dalam mengawal arus mudik dan balik lebaran 2018. Menurutnya seluruh karyawan harus turut berpartisipasi dan meningkatkan kinerjanya demi melayani masyarakat dan kelancaran arus mudik dan balik lebaran nanti.

“Kembali saya ingatkan kepada kawan-kawan sekalian, bahwa saya ingin semua bekerja dengan APIC, sesuai dengan tata nilai yang sudah kita anut. APIC tidak hanya berarti baik tapi juga berarti kita mengedepankan Agility, Professionalism, Integrity, dan Customer Focus,” tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER