9 Manfaat Shalat Tarawih Untuk Kesehatan

MONITOR- Shalat tarawih adalah salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah muakkadah pada bulan ramadhan selain ibadah puasa ramadhan itu sendiri yang hukumnya wajib.

Shalat tarawih digolongkan ke dalam shalat malam dan dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah.

Keutamaan shalat tarawih sangatlah besar dan kita mendapatkan fadhilah shalat tarawih setiap malam yang berbeda-beda. Demikian juga shalat tarawih ternyata juga memiliki banyak manfaat baik dari segi kesehatan tubuh, jiwa dan keimanan.

Shalat tarawih tidak hanya mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya tetapi juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat yang bisa didapatkan dari melaksanakan shalat taraiwh secara rutin:

1. Menyehatkan tulang dan persendian

Tarawih adalah salah satu shalat yang cukup banyak rakaatnya. Jika kita rutin melaksanakan shalat tarawih maka niscaya gerakan-gerakan shalat tarawih mampu menyehatkan tulang dan persendian kita.

2. Menurunkan kadar gula darah

Setelah buka puasa biasanya kita cenderung makan berlebih, hal ini bisa berbahaya untuk tubuh kita terutama bagi penderita diabetes.

Makanan manis yang disantap saat berbuka puasa bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dengan cepat sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada tubuh terutama pasien diabetes.

Shalat tarawih adalah salah satu aktifitas dimana gerakan-gerakannya bisa bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah setelah berbuka puasa.

3. Membakar kalori

Siapa bilang hanya olahraga saja yang bisa membakar kalori dan lemak ditubuh? Jika anda ingin menurunkan berat badan di bulan tarawih dan memiliki sedikit waktu untuk berolahraga terutama kesulitan berolahraga saat puasa, tarawih bisa sangat membantu.

Melaksanakan tarawih tidak hanya mendatangkan pahala bagi kita namun juga membakar kalori makanan yang kita santap setelah berbuka puasa.

4. Meningkatkan fungsi otak

Shalat tarawih yang rutin dilakukan bisa meningkatkan peredaran darah ke otak dan menjaga suplai nutrisi yang dibutuhkan otak sehingga otak bisa bekerja secara optimal. Hal ini akan membantu anda untuk lebih berkonsentrasi terutama saat bekerja meskipun anda sedang berpuasa.

5. Menghilangkan stress

Layaknya aktifitas fisik yang lain seperti berolahraga, shalat tarawih yang dikerjakan secara rutin bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan stress dan tekanan yang dialami sepanjang hari terutama saat lelah dan stress karena pekerjaan.

Saat melaksanakan shalat tarawih tubuh akan melepasakan beberapa senyawa kimia yang berfungsi untuk meredakan stress.

6. Meningkatkan mood

Banyak hal-hal yang bisa merusak mood kita dan tentunya saat berpuasa kita berusaha sebisa mungkin untuk meredam emosi kita terutama marah dan kesal.

Shalat tarawih bisa menjadi salah satu upaya untuk mengembalikan dan meningkatkan mood baik kita dan menghilangkan stress. Saat shalat tarawih tubuh terutama otak akan melepaskan senyawa endhorpin yang bisa meningkatkan perasaan nyaman dan membuat mood kita menjadi baik.

7. Menjaga kesehatan jantung

Siapa sangka shalat tarawih bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Saat melakukan gerakan shalat tarawih secara rutin tubuh menjaga keseimbangan detak jantung dan membuat kita merasa nyaman.

Bisa dikatakan bahwa shalat tarawih memiliki efek yang sama dengan latihan kardio atau senam jantung. Hal ini berdasarkan riset yang dilaksanakan di universitas Harvard.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Shalat tarawih yang dilaksanakan secara rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan kita terutama bagi lansia atau orangtua.

Gerakan-gerakan shalat dapat memicu realsi tubuh kita dan memperkuat sel-sel kekebalan tubuh. Inilah yang membuat kita bisa kuat berpuasa dan terhindar dari penyakit saat berpuasa di bulan ramadhan.

9. Meningkatkan stamina

Memiliki stamina yang prima adalah salah satu hal yang diinginkan bagi setiap orang terutama mereka yang berpuasa dibulan ramadhan. Seperti aktifitas olahraga, shalat tarawih ternyata juga dapat meningkatkan stamina kita dan membuat kita tidak cepat lelah dan mengantuk disiang hari.

Semoga bermanfaat ya!

Jamkrindo-Jaminan Kredit Indonesia