Kementerian ESDM Raih Predikat Pengelolaan Aset Terbaik pada 2016

MONITOR, Jakarta – Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih predikat kinerja terbaik (juara umum) dalam pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) di ajang BMN Award yang dilangsungkan oleh Kementerian Keuangan di Gedung Dhanapala, Jakarta, Kamis (2/11) kemarin.

Dalam kategori ini Kementerian ESDM bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) serta Kementerian Keuangan mendapatkan nilai tertinggi sebagai Kementerian/Lembaga (K/L) sehingga berhak menyandang juara umum.

BMN Awards 2016 ini merupakan kali kelima diselenggarakannya. Adapun lndikator kinerja pengelolaan BMN yang dijadikan sebagai dasar pemberian BMN Awards meliputi kinerja K/L dalam melakukan utilisasi BMN, tingkat kepatuhan pelaporan BMN, dan capaian sertipikasi BMN. Selain itu, pada tata kelola berkesinambungan (continuous improvement) dalam pengelolaan BMN dan tingkat keaktifan dalam berkolaborasi (peer colaboration) dengan pengelola barang dalam meningkatkan kualitas pengelolaan BMN.

Kementerian Keuangan menilai sebanyak 87 Kementerian/Lembaga dalam enam kategori. Tema BMN Awards kali kelima ini merupakan mengusung tema 'Kerja nyata optimalisasi aset negara untuk kesejahteraan rakyat'.

"Pemberian anugerah BMN Awards ini merupakan apresiasi kepada seluruh K/L dalam rangka mengelola BMN. Kementerian Keuangan memberikan penghargaan berupa BMN Awards kepada kementerian dan lembaga yang terbaik pengelolaan BMNnya," ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam sambutannya.

Sri Mulyani berpesan agar penghargaan ini menjadi momentum bagi pemerintah untuk merefleksi kembali atas pencapaian kinerja selama ini."Acara ini waktunya tepat untuk kita semua sebagai pemerintah untuk refleksi kembali atas apa yang telah dilakukan dan dicapai. Dulu kita memulainya dengan inventarisasi, diinventarisasi dulu lalu didokumentasikan," tambah Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap pengelolaan BMN dapat lebih optimal lagi dengan mengidle BMN-BMN yang tidak dimanfaatkan karena akan menjadi beban Negara. Ia juga berharap seluruh K/L tidak mengedepankan ego dalam mengelola BMN. "Jaga dan pelihara BMN seperti barang sendiri, tapi jangan "ditilep"," pesan Sri Mulyani.

BMN Awards 2017 memberikan penghargaan dalam 6 (enam) kategori yaitu:

1. Utilisasi BMN,

2. Kepatuhan Pelaporan BMN,

3. Sertipikasi BMN,

4. Peningkatan Tata Kelola Berkesinambungan,

5. Kerjasama Tata Kelola Antar K/L, dan

6. Kinerja Terbaik Pengelolaan BMN (Juara Umum).