Apresiasi Kinerja ASN, KemenPAN RB Gelar PPT Madya Award

MONITOR, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN RB) menganugerahkan penghargaan kepada para pejabat mulai dari Bupati/Walikota sampai pada Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya serta instansi kepemerintahan.

Gelaran acara Penganugerahan PPT Madya Teladan untuk tahap pertama dan Anugerah KASN Tahun 2017 ini dimaksudkan sebagai wujud apresiasi Kementerian PAN RB kepada individu pejabat pemerintah mau pun instansi/lembaga yang yang telah melaksanakan sistem merit dengan berbagai komitmen dan konsistensi guna mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional.

"Penghargaan yang diberikan bukan untuk mengukuhkan juara, karena seluruh pejabat pimpinan tinggi merupakan aset yang berharga dalam menjalankan organisasi pemerintahan," jelas Menteri PAN RB, Asman Abnur, saat memberikan sambutan pembukaan acara di gedung Lembaga Administrasi Negara (LAN) Jakarta, Kamis malam (28/12).

Penganugerahan ini diharapkan dapat menjadi sebuah motivasi serta mendorong setiap individu pejabat untuk terus menjadi pelopor dalam bidang keahlian profesional, analisis, dan rekomendasi kebijakan serta kepemimpinan manajemen, pengembangan kerja sama dengan instansi lain.

"Keteladanan dalam mengamalkan nilai dasar ASN serta melaksanakan kode etik dan kode perilaku ASN merupakan kriteria penganugerahan ini," ujar Menteri Asman.

Lebih lanjut menurut Asman, penganugerahan PPT Madya Teladan Award ini juga ditujukan bagi instansi yang mendapat apresiasi dengan kategori kepatuhan dan kualitas tata kelola seleksi terbuka dalam pengisian Jabatan Pejabat Tinggi (JPT) dan kategori inovasi penguatan sistem merit dalam manajemen ASN.

Dengan demikian para pejabat dapat terus mengembangkan kualitas kepatuhan dan inovasinya agar dapat menjadi contoh bagi instansi lainnya untuk terus melaksanakan tata kelola manajemen ASN berbasis merit dalam setiap tahapan manajemen ASN itu sendiri.

Menteri Asman mengingatkan, bahwa dengan adanya kompetisi yang lebih terbuka harus mendorong para PPT dan instansi pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kinerjanya.

"Kinerja menjadi tolok ukur, dan kinerja yang tinggi hanya dapat diraih dengan kualitas SDM yang handal dan mumpuni," demikian ujar Menteri Asman yang juga politisi PAN ini.