Ali Ngabalin Beberkan Ikhwal Rencana Jokowi Temui Amien Rais

Tenaga Ahli Presiden KSP Ali Mochtar Ngabalin (dok: breakingnews)

MONITOR, Jakarta – Rencana pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dalam waktu dekat akan segera terwujud. Jokowi bahkan mengatakan, pertemuan yang sudah direncanakan itu tinggal menunggu waktu.

Perihal itu, Tenaga Ahli Presiden Kantor Staff Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin membenarkan bahwa pertemuan antar keduanya begitu penting dilakukan agar kedua tokoh tersebut dapat menjalin silaturahmi yang lebih erat. Pasalnya, Ali menilai hubungan keduanya kerap memanas dengan lontaran kritik dari Amien Rais terhadap kebijakan Jokowi.

“Menjaga silaturahmi itu baik, menghubungkan kembali hubungan yang sekat-sekat yang mungkin ada masalah,” kata Mochtar ditemui di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Kawasan Cikini, Jakarta Pusat, (1/6).

Terkait lokasi pertemuan kedua tokoh tersebut, Ali menyatakan bahwa Jokowi tidak keberatan dimanapun tempatnya. Kata dia, baik di kota Solo maupun di Istana Negara, yang penting pertemuan dapat terwujud.

“Tidak ada masalah, Pak Jokowi pulang ke Solo (kemudian ke Yogjakarta) Orang dia (Jokowi) suka ke sana kemari,” ungkap Ali.

Politisi Golkar ini membeberkan, bahwa sebelumnya sudah acapkali ada rencana pertemuan yang akan dilakukan antara Jokowi dengan Amien. Namun, ada saja halangan yang pada akhirnya pertemuan belum sampai terwujud hingga saat ini.

“Ini bukan yang pertama kali (upaya pertemuan), sudah berkali-kali,” ujarnya.

Disisi lain, bahwa sebenarnya, Ali yang sekarang salah satu orang dekat Presiden merasa kurang sepakat dengan persyaratan dari Amien yang mengharuskan Jokowi menemuinya. Kata dia, dalam Islam tidak ada persyaratan bersilaturahmi.

“Menjaga silaturahmi menghubungkan kembali hubungan yang tersekat-sekat yang mungkin ada masalah. Tidak ada masalah pak jokowi pulang ke solo orang suka kesana kemari, tapi dengan statement menjadi tidak dengan kapasitas sebagai simbol negara,” tukasnya.

Seperti diketahui, Amien Rais ingin ditemui oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu dengan syarat bahwa Jokowi yang harus menemui Amien bahkan ia pun sampai berstatement datang dan berkunjunglah ke kediamannya di Jogjakarta.

“Saya menyampaikan amat sangat mudah sekali, ya. Silakan Pak Jokowi terbang ke Jogja bukan semata-mata ketemu saya, tapi mungkin mau ke (Universitas) Gadjah Mada, Gunung Kidul, Sleman, mampirlah ke rumah saya,” kata Amien.