Koalisi Indonesia Kerja Bekali Arahan Tim Jubir Jokowi-Ma’ruf

Para calon juru bicara kampanye Jokowi-Ma'ruf diberikan pembekalan (dok: IG)

MONITOR, Jakarta – Koalisi kubu pemerintah yang tergabung dalam Indonesia Kerja mengumpulkan para relawan. Mereka dikumpulkan dalam workshop pematangan dalam membentuk juru bicara (Jubir) yang handal untuk kampanye pasangan calon Presiden Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Jadi kemarin kami sudah mengumpulkan para relawan, kemudian pagi ini kami adakan workshop jubir kampanye, yang sudah kami siapkan dan mereka akan diskusikan materi dari masing- masing dan kompetensinya,” kata Sekertaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk Paulus di Posko Cemara, Rabu (15/8).

Para relawan akan menjalani pelatihan berikutnya di Kantor DPP Nasdem. Ia mengatakan para relawan akan dilatih lebih tentang bagaimana cara mengaplikasikan agar meraih emosi dan pemahaman materi sebagai peran jubir tim kampanye.

Tak hanya itu, Lodewijk juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mengumpulkan 11 direktorat tim kampanye nasional, untuk diberikan pembekalan, serta pengarahan, yang bertujuan agar para relawan tersebut siap setelah Jokowi menunjuk ketua tim kampanye.

“Pada saat Pak Jokowi menunjuk ketua tim kampanye nasional, mereka sudah paham tugas-tugasnya,” ujarnya.

Lebih dari itu, karena melihat banyaknya rangkaian pelatihan yang diberikan itu. Ia mengaku, bahwa memang ada tahapan seleksi. Pasalnya, dari ratusan orang tersebut, akan kembali dipilih dan dilihat dimana letak kompetensinya, penguasaan materinya jika nanti dirasa terlalu banyak maka akan dikurangi.

“Orang ekonomi misalnya terlalu banyak kami kurangi, jadi nanti dilihat kembali background yang dibutuhkan. Ini merupakan proses seleksi berjalan, berapa orang yang terpilih untuk tampil,” pungkasnya.