Adul, Bocah Penyandang Disabilitas ini Luluhkan Hati Jokowi

Presiden Jokowi menggendong bocah delapan tahun yang bernama Mukhlis Abdul Holik

MONITOR, Bekasi – Perjuangan hidup Mukhlis Abdul Holik (8 thn), bocah penyandang disabilitas, menyentak sanubari orang nomor satu di negeri ini. Presiden Jokowi, dalam sebuah acara peringatan Hari Disabilitas Internasional 2018 di Summarecon Bekasi bertemu dengan sosok bocah kecil itu.

Adul, demikian sapaan akrabnya, di mata Jokowi sangatlah memberikan inspirasi. Perjuangan hidupnya yang cukup berat untuk menggapai cita-cita layak diapresiasi.

Setiap hari, Adul, yang masih duduk di kelas tiga sekolah dasar ini berjalan merangkak sejauh tiga kilometer menuju sekolahnya, SD Negeri X Cibadak, di Sukabumi.

Mendengar cerita itu, Jokowi tampak terharu. Suami Iriana Jokowi ini pun menggendong Adul. Ia pun bertanya, apa cita-cita yang didambakan bocah kecil asal Sukabumi itu.

Presiden Jokowi menggendong Mukhlis Abdul Holik alias Adul (8 thn), bocah penyandang disabilitas

“Apa cita-cita Adul?” tanya Jokowi.

“Menjadi petugas pemadam kebakaran,” jawab Adul.

Jokowi kembali bertanya, apa tujuan Adul berkeinginan menjadi pemadam kebakaran. “Kenapa pemadam kebakaran?” tanya Jokowi.

“Untuk menolong orang,” jawab Adul singkat.

Bagi Jokowi dan orang-orang yang hadir, jawaban Adul sangat cerdas dan menjadi sebuah kekuatan. Jokowi sendiri mengakui, sosok Adul telah mengajarkan bahwa tekad untuk maju, keinginan untuk menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya, tak berkurang sedikit pun oleh keterbatasan.