Bahaya Memakai Headset Saat Tidur

MONITOR, Jakarta – Penggunaan Headset yang terlalu lama / sampai terbawa tidur sangat berbahaya bagi telinga, dan dapat membuat telinga sakit lalu memicu penyakit pendengaran.

Berikut adalah beberapa masalah pada telinga yang muncul akibat penggunaan headset terlalu lama / saat tidur.

1. Merusak Pendengaran Anda

Kalau Anda tidak ingin mengalami gangguan pendengaran maka hindari menggunakan Earphone. Disaat pengguna sedang tidur, sura yang didengar dalam volume tinggi dan waktu yang lama menyebabkan kerusakan pada penjalaran pendengaran pada koklea telinga (seperti keong) yaitu merusak sel rambut pada koklea.

2. Akan Merusak Otak

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli kesehatan menyatakan gelombang elektromagnetik pada Earphone memiliki dampak pada kerusakan otak hewan coba. Diduga, pemakaian earphone pada telinga saat mendengarkan musik, memberikan dampak berupa hantaran elektromagnetik. Gelombang elektromagnetik ini lama-kelamaan dapat merusak sel-sel pada otak. 

3. Kita Akan Kehilangan Kewaspadaan

Jika telinga kita mengalami gangguan itu tandanya indra kita tidak komplit, karena pendengaran merupakan salah satu sistem dari pancar indra. Memakai earphone cenderung membuat pendengar merasa nyaman dan tertidur. Semakin keras suara atau musik yang didengarkan membuat kewaspadaan menurun. Disaat kita tertidur, sistem pendengaran kadang berfungsi sebagai alarm jika ada bahaya atau sesuatu di dekat kita.

4. Telinga Kita Akan Terluka

Prosen Earphone membuat Earphone agar enak dipakai, maka tidak heran saking enaknya Earphone juga dibawa tidur. Salahsatunya adalah pemasangan perangkat karet atau silikon di ujung earphone agar tidak menyakiti telinga. Namun hal tersebut bukan berarti semua earphone terpasang dengan silikon pelindung. Banyak earphone yang dibeli dengan harga murah atau terjangkau namun ternyata tidak memiliki pelindung telinga berupa silikon tersebut.