Ralali.com Mempermudah Pelaku UMKM Memulai Usaha

MONITOR Tangerang Selatan – Dari tahun ke tahun bisnis e-commerce di Indonesia semakin menunjukkan eksistensinya, hal itu seiring dengan minat masyarakat yang memanfaatkan internet guna mempermudah kebutuhan sehari-hari hingga keperluan bisnisnya. Salah satu e-commerce yang mencuri perhatian masyarakat yakni Ralali.com.

Monitor berkesempatan berkunjung ke salah satu kantor Ralali.com yang terletak di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Rabu (2/8). Tak seperti kantor kebanyakan, disana tim redaksi tak menjumpai atmosfer menegangkan khas kantor perusahaan dagang yang selalu mengedepankan target penjualan. Ya, Ralali.com memang dihuni oleh generasi muda yang ceria, setidaknya hal itu tergambar pada logo Ralali yang mengedepankan warna orange yang ceria.

Lebih jauh, Monitor juga berkesempatan berbincang dengan Alexander Lukman, Chief Operations Officer Ralali.com, dari perbincangan kami diketahui e-commerce yang mengedepankan konsep bisnis B2B, atau Business-to-Business ini telah menginjak tahun ke empat berpartisipasi dalam semaraknya bisnis online dan kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Tim Redaksi Monitor berbincang dengan Alexander Lukman, Chief Operations Officer Ralali.com

 

"Ralali.com ingin memposisikan diri sebagai pilihan utama bagi UMKM di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya, memberikan berbagai inovasi dan kemudahan untuk keberhasilan Mitra (seller) dan Sahabat (buyer) Ralali.com," jelas Lukman kepada Monitor.

Alexander Lukman, Chief Operations Officer Ralali.com

 

Berbeda dengan e-commerce yang mengusung konsep B2C, atau Bussines to Consumer, Ralali.com memang berharap pelaku UMKM di Indonesia semakin dimudahkan dalam menjalankan usahanya dengan adanya Ralali.com. "Saat ini Ralali.com sedang berfokus untuk memenuhi kebutuhan bagi UMKM di Indonesia. Oleh karena itu segala bentuk komunikasi perusahaan harus mampu menyesuaikan dengan target pasar," terangnya.

Untuk informasi, Indonesia memiliki jutaan UMKM/SME (Small Medium Enterprise) dimana Ralali.com berusaha untuk memasuki ceruk pasar dengan cara menjadi penghubung bagi UMKM yang hendak memulai dan menjalankan bisnisnya. Cara yang dilakukan yakni dengan menyediakan platform bagi suppliers lokal maupun internasional yang ingin memasarkan barangnya.

"Dengan adanya Ralali.com sebagi marketplace barang-barang kebutuhan bisnis (MRO) diharapkan dapat membantu para pebisnis di Indonesia di manapun mereka berada. Sebagai contoh, kesulitan pengusaha di kota kecil untuk mencari supplier terbaik dapat teratasi mulai dari pemilihan barang, pemesanan, hingga pengiriman," pungkasnya.

 

Mari intip keseruan tim Ralali.com dalam bekerja