Buka Rute Malaysia-Banyuwangi, Citilink Ingin Tawarkan Keindahan Kawah Ijen

Ilustrasi: Maskapai Citilink Indonesia akan membuka rute Banyuwangi-Kuala Lumpur, Malaysia

MONITOR, Banyuwangi – Jadwal penerbangan internasional dari Bandara Belimbingsari, Banyuwangi akan bertambah. Itu setelah maskapai Citilink Indonesia ber­encana membuka rute penerbangan langsung (direct flight) Banyuwangi-Kuala Lumpur, Malaysia atau sebaliknya.

Rencana Citilink itu diungkapkan Direktur Niaga PT Citilink Indonesia, Andy Adrian Febriyanto, setelah bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, kemarin.

“Hari ini kami ke Banyu­wangi untuk mematangkan ren­cana rute internasional tersebut. Sekaligus untuk melihat ke­siapan Bandara Banyuwangi untuk menjadi bandara interna­sional,” kata Andy.

Menurut Andy, Citilink terus mencapai alternatif daerah wisata yang potensial untuk ditawarkan. Banyuwangi tepat untuk dipasarkan karena karakteristik pariwisatanya di­minati wisatawan asal negeri jiran tersebut, mulai kultur, destinasi wisata alam, karakter warganya, hingga kulinernya tidak berbeda jauh.

“Saat ini tren wisatawan Malaysia men­cari adventure tourism, seperti mendaki gunung dan menyusuri taman nasional, dan itu dimiliki Banyuwangi dengan Kawah Ijen, Taman Nasional Meru Betiri, maupun Taman Nasional Alas Purwo,” jelas Andy.

Saat ini, proses terus dilakukan, salah satunya dengan berkirim surat ke PT Angkasa Pura IIse­bagai pengelola Bandara Banyu­wangi perihal kesiapan menjadi bandara internasional.