Di Era Milenial, Humas Menjadi Strategis dan Vital

Kepala Biro Humas dan IP Kementan, Kuntoro Boga Andri, di hotel Carvinton Jogyakarta

MONITOR, Yogyakarta – Pelatihan Master Of Ceremony, Biro Humas dan Informasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian menggelar Pelatihan Master Of Ceremony. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dilaksanakan di hotel Carvinton Jogyakarta.

Kepala Biro Humas dan IP Kementan, Kuntoro Boga Andri berharap pelatihan yang tersebut dapat menambah wawasan dan pemahaman akan tugas-tugas kehumasan, khususnya tugas “Master Of Ceromony”, selain itu nantinya bisa benar-benar dapat diaplikasikan pada kegiatan kehumasan di lingkup kementerian pertanian.

“Kehumasan di era digital ini menjadi sangat strategis dan vital, mendukung tugas-tugas birokrasi, sedang ASN yang berkecimpung atau ditugaskan di bidang kehumasan tidak seluruhnya berlatar belakang pendidikan komunikasi maupun bidang humas lainnya,” kata Boga dihadapan 80 ASN peserta pelatihan.

Boga menambahkan bahwa latar belakang pendidikan sangat penting namun penugasan dari pimpinan tidak dapat dihindarkan.

“Seperti saya, yang sejak dari awal bertugas dibidang penelitian dan baru saja menerima penugasan di Biro Humas dan IP Sekretariat Jenderal Kementerian, harus berlomba dengan waktu, untuk memahami tugas-tugas kehumasan, memenuhi keinginan pimpinan, kita semua harus mau belajar dan belajar serta tidak tertinggal dengan berbagai hal yang baru terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi yang berkembang dan berubah cepat di era sekarang,”katanya.

Biro Humas dan IP, akan terus melakukan kegiatan yang dapat cepat menambah wawasan dan kemampuan tenaga kehumasan baik pranata humas maupun penanggung jawab kehumasan di lingkup kementerian pertanian, baru-baru ini di Kota Malang, kita juga melakukan kegiatan yang hampir sama namun objek pelatihan berbeda, di malang kita lakukan pelatihan bidang penulisan, info grafis dan video grafis, semua kegiatan tersebut bermuara pada peningkatan wawasan dan kemampuan yang bermanfaat menunjang tugas dan tanggung jawab kita semua, untuk mendukung tugas pimpinan, bangsa dan negara.

“Kami sebagai penanggung jawab kegiatan kehumasan, lingkup kementerian pertanian, juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih, kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini, khususnya kepada seluruh nara sumber baik dari lingkup kementerian khususnya dari Fakultas Komunikasi Universitas Indonesia, yang sudah membagikan Ilmu dan berbagai kiat serta pemahaman akan bidang kehumasan, semoga materi yang telah ditularkan melalui pertemuan langsung dalam pelatihan dapat bermanfaat dan dikembangkan seluruh peserta dari Insan Kehumasan Lingkup Kementerian Pertanian,”papar Boga.

“Kegiatan Pelatihan, menjadi sangat penting untuk menunjang tugas-tugas kehumasan, semoga bermanfaat dan harus bermanfaat untuk kita semua,”pungkasnya.