Peringati Hari Kemerdekaan, Dedi Ajak Masyarakat Lestarikan Kearifan Lokal Suku Bangsa

MONITOR, Purwakarta – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi bertindak sebagai inspektur upacara Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 72 di Purwaakarta dengan berpakaian lengkap ala Proklamator, Soekarno.

Saat menjadi inspektur upacara, Dedi menyampaikan, tidak ada kesuksesan pembangunan suatu bangsa tanpa berpijak pada kearifan lokal bangsa setempat. Sebab basis kearifan lokal merupakan pertahanan kehidupan kebangsaan yang harus selalu terpelihara.

"Kita harus memahami karakter wilayah kita sendiri. Dari Sabang sampai Merauke terdiri dari berbagai suku bangsa. Dari sinilah kearifan lokal suku bangsa itu berperan sebagai pertahanan negara yang sesungguhnya," Ujar pria yang akrab disapa Kang Dedi itu.

Dedi menambahkan dengan demikian setiap anak bangsa memiliki kewajiban untuk mengemban amanah dan mengembangkan potensi yang dimiliki bangsa atau daerahnya, bukan justru menggerogoti kekayaan alam yang sudah ada.

Upacara kemerdekaan yang berlangsung khidmat itu diakhiri dengan penampilan teaterikal dari pelajar SMAN 1 Purwakarta sebagai hasil pembinaan dari KODIM 0619 Purwakarta yang menceritakan mengenai perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten yang terkenal dengan pariwisata budaya dan inovasi kepemimpinan bupatinya itu menggelar berbagai kegiatan dalam memperingati HUT Ke-72 RI, mulai dari dzikir kebangsaan, kirab merah putih hingga parade kendaraan hias.