KH Mukharom, Tokoh Agama Kabupaten Tegal di Mata Kader Muda NU

MONITOR, Tegal– Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tegal Jawa Tengah kehilangan salah satu kader terbaiknya KH. Mukharom yang merupakan suami dari Sekretaris Umum Muslimat NU Kabupaten Tegal Azimatun Nikmah yang meninggal dunia pada hari ini, Jumat (18/8).

Kader Muda NU Kabupaten Tegal, Abdul Azis mengaku sangat kehilangan Kyai yang dikenal dengan kesederhanaannya tersebut. Menurut Azis, KH. Mukharom merupakan salah satu kader terbaik NU yang dimilki kabupaten Tegal karena pengabdian, kontribusi dan loyalitas terhadap organisasi NU sehingga menjadi organisasi yang besar di Tegal khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

“Beliau sangat berjasa terhadap NU di Tegal. Pengabdian, Kontribusi beliau sangat besar. Kita sangat kehilangan panutan seperti beliau,” ujar Azis saat mengantar Jenazah KH. Mukharom ke peristirahatan terakhirnya. Jumat (18/8).

Bagi Azis, sosok KH. Mukharom bukan hanya sekedar tokoh melainkan juga guru yang banyak memberikan contoh panutan dalam mengemban amanah dan pengabdian untuk masyarakat Tegal. Azis yang merupakan pengurus Ansor dan mantan Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) itu mengaku banyak belajar dari sosok KH. Mukharom terutama keikhlasannya dalam pengabdian kepada masyarakat dan NU khususnya.

“Dari beliau Saya banyak belajar bagaimana hidup ini bukan tentang diri sendiri, tapi bagaimana kita harus ikhlas mengabdi untuk orang banyak, untuk masyarakat agar kehidupannya menjadi lebih baik. Beliau menjadi teladan untuk menjadi orang yang ikhlas,” ungkapnya.

Terakhir Azis memohon kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tegal khususnya untuk mendoakan KH. Mukharom semoga amal ibadah dan pengabdiannya diterima Allah SWT.

“Mari kita doakan bersama semoga amal ibadah beliau diterima disisi Allah SWT, ditempat ditempat yang mulia serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan,” pungkasnya