Cek Saluran Irigasi Saat Musim Hujan Tiba

MONITOR, Sleman-Menjelang berakhirnya TMMD Reguler Ke-103 Kodim 0732/Sleman yang kurang beberapa hari lagi, dimanfaatkan untuk mengembangkan areal jangkauan kegiatan, seperti yang saat ini dilakukan ,yaitu karya bakti pembersihan saluran irigasi di Dusun Sembung, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Momentum TMMD terus dijadikan sarana promosi kemanunggalan TNI dengan rakyat, untuk itu ruang lingkup agenda kegiatan TMMD tidak terpaku di Dusun Temuwuh Kidul saja, Rabu (07/11/18).

Kapten Inf Nugroho.AT selaku penanggungjawab kegiatan karya bakti menjelaskan, karya bakti yang berkaitan dengan agenda TMMD ini, memang sengaja diperluas dari prioritas utama yang berada di Desa Balecatur. Semua itu dilakukan agar masyarakat secara luas mengenal apa itu TMMD dan apa hasil dari TMMD, sehingga setiap kegiatan TMMD yang akan berlangsung di Kodim 0732/Sleman, masyartakat sudah tahu betul maksud dan tujuannya, serta kemungkinan besar partisipasi reaktif yang sangat diharapkan.

Lepas dari aktifitas rutin TMMD, karya bakti ini juga menjadi acuan bagaimana partispasi dan kegotongroyongan warga setempat, serta bagaimana Kodim 0732/Sleman melakukan pendekatan secara persuasif dengan masyarakat setempat.Karya bakti pembersihan irigasi ini, juga mendapat perhatian dari beberapa Satgas TMMD Reguler Ke-103, Serda Giyatna, salah satu personil ikut turun dalam pembersihan saluran irigasi tersebut.

Lokasi yang dipilih pada karya bakti ini, sudah ditentukan 4 hari lalu, dan saluran irigasi ini memang sangat perlu dibersihkan karena musim hujan sudah mulai tiba agar kelancaran air yang mengalir ke areal pertanian warga bisa normal tanpa ada kendala apapun. Pembersihan saluran irigasi ini menggunakan peralatan seadanya, karena memang anggaran untuk pelaksanaan karya bakti ini tidak ada sama sekali.(Zhoel)