Jumat, 26 April, 2024

Teror Barcelona, Korban Tewas Bertambah 13 Orang

MONITOR, Barcelona – Barcelona tengah berduka. Saat Indonesia dirundung kebahagiaan merayakan hari kemerdekaan ke-72, peristiwa nahas justru menimpa warga di Barcelona, Spanyol.

Dilansir Reuters, sebuah mobil van melaju kencang dan membabi buta ke arah kerumunan massa di kawasan wisata Las Ramblas, Barcelona, Kamis (17/8) waktu setempat.

Pejabat setempat Joaquim Forn melaporkan, sedikitnya 13 orang meninggal dunia, sementara lebih dari 100 orang luka-luka dan 15 orang mengalami luka cukup serius.

Serangan ini, menurut laporan polisi setempat, memiliki kaitan erat dengan sebuah ledakan pada Rabu malam yang menghancurkan sebuah rumah, membuat satu orang tewas dan tujuh lainnya menderita luka-luka. Rumah tersebut berada di Alcanar, sekitar 125 mil (200km) selatan Barcelona. Namun sejauh ini, otoritas setempat masih mendalami insiden tersebut.

- Advertisement -

Sementara itu, segelintir orang menyaksikan ada seorang pria berbadan langsing dengan perkiraan usia 20 tahunan, mengendarai mobil van putih dengan kecepatan tinggi sepanjang beberapa ratus meter ke arah Las Ramblas, berusaha menabrak sebanyak mungkin orang.

Pasca-serangan van itu, warga dilarang pihak otoritas untuk mendekati kawasan Placa Catalunya, Barcelona, salah satu lapangan utama yang terletak di Las Ramblas. Stasiun kereta api dan metro juga ditutup untuk umum.

Perlu diketahui, Las Ramblas merupakan kawasan cukup terkenal di Barcelona yang dikunjungi banyak wisatawan. Kawasan itu dipenuhi dengan toko, kedai minuman dan restoran.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER