Siklon Dahlia Mengintai, Masyarakat Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

MONITOR, Jakarta – Siklon tropis Dahlia menjadi sinyal masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Melihat perubahan cuaca akhir-akhir ini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lantas mengeluarkan imbauan.

Oleh BNPB, masyarakat diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan kapanpun dan dimanapun berada.

"Masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaannya menghadapi cuaca ekstrem," ujar Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Imbauan ini dikeluarkan, seiring adanya peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengenai adanya siklon tropis Dahlia.

BMKG memprediksi, pada Jumat (1/12) posisi siklon tropis berada di Samudera Hindia sebelah selatan tenggara Jakarta dengan kecepatan angin maksimum 95 kilometer per jam dan bergerak ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia

Dampak dari siklon itu, akan tetap terjadi hujan deras dengan intensitas 50 milimeter per hari dan atau angin kencang dengan kecepatan lebih dari atau sama dengan 50 kilometer per jam.

BMKG memperkirakan potensi hujan lebat dan angin kencang akan terjadi mulai dari pesisir barat Bengkulu hingga Lampung, Banten bagian selatan, DKI Jakarta dan Jawa Barat bagian selatan. Potensi itu termasuk potensi angin kencang dengan kekuatan 20 knot di daerah yang sama.