Selasa, 19 Maret, 2024

Menhub Puji Kinerja Jasa Marga Tangani Arus Balik lebaran

MONITOR, Cikarang – Tepat pada Puncak Arus Balik ke-2 atau H+8 Hari Raya Idul Fitri, Minggu (24/6), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, didampingi Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani dan Direktur Operasi Ii Jasa Marga Subakti Syukur, meninjau lapangan ke Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Peninjauan itu dilakukan guna memantau perkembangan arus lalu lintas balik, serta melakukan evaluasi terhadap pelayanan arus mudik dan balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, didampingi Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani dan Direktur Operasi Ii Jasa Marga Subakti Syukur.

Dalam kunjungannya, Menhub mendapatkan penjelasan langsung dari Direktur Utama dan Direktur Operasi II Jasa Marga, mengenai perkembangan kondisi lalu lintas di GT Cikarang Utama, serta upaya-upaya yang telah dilakukan Jasa Marga dan fasilitas-fasilitas pendukung guna memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol selama arus mudik dan balik.

Menteri Budi menilai pengelolaan dan pelayanan arus mudik dan balik tahun ini lebih baik, dimana waktu tempuh antar kota yang semakin cepat serta arus mudik dan balik yang terpantau lebih lancar jika dibandingkan dengan tahun lalu.

- Advertisement -

“Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas hasil kerja keras Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kepolisian, dan Jasa Marga yang telah mendukung agar arus mudik dan balik Lebaran tahun ini lebih baik,” ujar Budi.

Budi menambahkan, Jasa Marga cukup membanggakan tahun ini dan berhasil mencatatkan sejarah dalam melayani lalu lintas saat puncak arus balik sebanyak 56 ribu kendaraan dalam 1 shift di GT Cikarang Utama. Umumnya, rata-rata normal per shift-nya hanya 38 ribu kendaraan, dioperasikan dengan 34 gardu dan 15 mobile reader, yang pada tahun lalu hanya menggunakan 28 gardu dan tanpa mobile reader, serta jalur-jalur fungsional yang terbukti mampu memperlancar arus mudik dan balik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama dengan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, didampingi Direktur Utama PT Jasa Marga Desi Arryani dan Direktur Operasi Ii Jasa Marga Subakti Syukur

Tak kalah pentingnya, jumlah kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran mengalami penurunan 5,40%, sebanyak 35 kejadian, dibanding tahun lalu yaitu 37 kejadian. Dengan detailnya di tahun 2018 sebanyak 20 orang mengalami luka ringan, 4 orang luka berat dan meninggal 1 orang. Sementara di tahun 2017, luka ringan dialami 49 orang, luka berat 9, meninggal 2 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama dan Direktur Operasi II Jasa Marga juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian dan pihak terkait lainnya atas kerjasamanya dengan Jasa Marga dalam pengelolaan arus mudik dan balik di Jalan Tol, sehingga arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan baik.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER