Anies jawab keinginan Jokowi jadikan Ciliwung seperti Cheonggyecheon

Keberadaan sungai di Ibukota memang selayaknya mendapat perhatian yang serius.

Presiden Jokowi saat melihat sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan (net)

MONITOR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan siap merealisasikan keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) merubah kondisi Sungai Ciliwung menjadi bersih dan indah seperti Sungai Cheonggyecheon yang berada di Seoul, Korea Selatan.

Menurut Anies, untuk mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman, keberadaan sungai di Ibukota memang selayaknya mendapat perhatian yang serius.

“Saya kira bisa semua sungai yang ada di Jakarta khususnya sungai Ciliwung kita tata sedemikian rupa sehingga terlihat bersih dan indah seperti sungai Cheonggyecheon di Seoul,” ungkap Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (12/9).

Disebutkan Anies, dari data yang dimilikinya, sebenarnya tingkat pencemaran air sungai di Jakarta cenderung mengalami penurunan. Di tahun 2014 sampai 2017, sungai yang tercemar ringan dari 23 persen mengalami penurunan hingga 12 persen.

Sementara yang tercemar sedang turun dari 44 persen menjadi 17 persen. Sementara untuk yang tercemar berat dari 32 persen menjadi 61 persen.

“Jadi selama 2014 sampai 2017, kita mengalami peningkatan sungai yang mengalami pencemaran berat,” paparnya.

Anies melanjutkan, saat ini pihaknya sudah menyiapkan program untuk membuat kondisi sungai tak tercemar lagi. Bukan hanya bagus dalam hal estetika saja.

“Pekerjaan rumah saya saat ini bukan hanya menjadikan sungai bagus dari segi estetika, tapi bagaimana mengurangi polusi yang ada disungai,” tegas Anies.