Hadapi Ketidakpastian, BNPB Perpanjang Masa Siaga Gunung Agung

MONITOR – Sampai hari ini, aktivitas vulkanik Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali belum menunjukkan penurunan, bahkan cendrung meningkat. Untuk itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang masa siaga darurat gunung tersebut hingga 16 Oktober 2017 mendatang.

Keputusan tersebut diambil setelah melalui diskusi yang dilakukan oleh BNPB, Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Pemkab Karangasem dan pihak terkait lainnya.

"Kami menghadapi ketidak pastian. Ini salah satu tantangan terberat tetapi kami siap jika hal buruk terjadi," kata Kepala BNPB Willem Rampangilei di Pos Komando Penanganan Darurat Gunung Agung , Kamis (5/10) seperti dikutip Antara.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya mengimbau kepada warga yang berada di luar 28 desa kawasan berbahaya untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Pantauan PVMBG hingga Kamis pukul 12.00 WITA, tingkat kegempaan masih tinggi di Gunung Agung, vulkanik dangkal mencapai 93 kali, vulkanik dalam 113 kali dan tektonik lokal 18 kali.