5 Fakta Ledakan di Kebayoran Baru yang Hanguskan 3 Ruko Sekaligus

lokasi tempat ledakan terjadi di ruko Grand Wijaya II Kebayoran (Foto: dok Detik.com)

MONITOR, Jakarta – Sekitar pukul 04.30 WIB, Kamis (12/7) warga di sekitar Ruko Grand Wijaya II Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dikejutkan dengan suara ledakan. Sempat diduga bom meledak, namun suara tersebut rupanya berasal dari tabung gas.

Terkait ledakan tersebut, Berikut ini MONITOR telah merangkai 5 fakta soal ledakan tersebut.

1. Saksi Menyebut Suara Ledakan Keras dan Buat Bergetar

Ian, salah satu saksi mengaku tidur di sebuah ruko yang jaraknya hanya terpisah 4-5 dari ruko yang jadi lokasi ledakan. Melansir dari Detik.com Ian mengatakan bahwa ketika ia keluar dari ruko, dia melihat ada warga lain juga yang kaget dan penasaran karena mendengar suara ledakan, tidak hanya itu bunyinya pun keras seperti suara petir.

2. Bukan Bom Melainkan Ledakan yang Berasal Dari Tabung Gas

Polisi memastikan ledakan di Ruko Grand Wijaya Center di Jakarta Selatan, bukan bom. Ledakan bersumber dari sebuah tabung gas yang bocor. Ledakan berasal dari lantai 1 kantor konsultan hukum. Ia memastikan tidak ada korban dalam kejadian itu.

3. Tim Gegana dikerahkan

Usai ledakan itu terjadi, Unit Penjinak Bom Gegana Polda Metro Jaya langsung dikerahkan ke lokasi kejadian, selain menyisir lokasi Tim Gegana juga mensterilkan lokasi di sekitar ruko yang hangus tersebut.

4. Menyebabkan Beberapa Ruko Rusak

Ruko di daerah Kebayoran Baru mengalami kerusakan yang cukup parah. Kerusakan ini disebabkan adanya ledakan, sebanyak 3 ruko hangus akibat ledakan ini, sejumlah material ruko dan pecahan kaca berserakan di jalan.
Selain ruko, ada 1 mobil dan sepeda motor di depan ruko yang hancur akibat ledakan tersebut.

5. Lima Orang Diperiksa
Akibat dari ledakan tersebut, sebanyak 5 orang diperiksa polisi, yakni tiga saksi adalah penjaga ruko, pedagang kaki lima dan 3 orang di lantai atas ruko.