Agus Gumiwang Kartasasmita; Politikus Muda Golkar yang kini jadi Mensos

MONITOR, Jakarta – Presiden Jokowi secara resmi melantik Politikus Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Menteri Sosial menggantikan rekannya Idrus Marham yang mengundurkan diri. Pelantikan Agus Gumiwang dilangsungkan sore ini di Istana Negara, Jum’at (24/8/2018).

Agus Gumiwang Kartasasmita merupakan anak dari Politikus Senior Partai Golkar yang juga Mantan Ketua DPD RI, Ginanjar Kartasasmita. Agus merupakan kader tulen partai berlambang pohon beringin dengan berbagai pengalaman menjabat posisi strategis di kepengurusan DPP Partai Golkar.

Saat ini dikepengurusan Ketua Umum Airlangga Hartarto, Agus menjabat sebagai Ketua Koordinator Bidang Pengembangan Perempuan, Pemuda dan Inovasi Sosial.

Selain dikepengurusan DPP Golkar, Agus juga pernah menjabat sebagai sekretaris fraksi Golkar DPR RI dan semita dijagokan manjadi kandidat Ketua DPR sebelum akhirnya posisi tersebut diisi oleh Bambang Soesatyo.

Namun, perjalanan karir politik Agus bukan tanpa dinamika. Ia bahkan pernah dipecat dari Golkar saat Musyawarah Nasional IX Partai Golkar, di Bali, 2014 silam bersama Nusron Wahid dan Poempida Hidayatulloh.