Selasa, 30 April, 2024

DPR Minta Usut Insiden Kebakaran Pabrik Korek Api di Binjai

MONITOR, Jakarta – Ribka Tjiptaning, anggota Komisi IX DPR RI turut prihatin dan turut berbelasungkawa atas meninggalnya 30 orang karyawan (6 diantaranya anak-anak) karena terbakar di pabrik korek api gas, di Binjai, Kabupaten Langkat (21/6/2019).

“Saya berpendapat itu sebuah tragedi di bidang ketenagakerjaan. Kasus itu harus diusut tuntas, dan pihak-pihak yang bertanggungjawab harus diajukan ke meja hijau,” ujarnya.

Bahkan, anggota Fraksi PDI Perjuangan itu meminta Pimpinan Komisi IX DPR RI untuk segera membuat agenda kunjungan ke pabrik itu.

“Komisi IX harus mencari fakta apakah ada pelanggaran dalam ketentuan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja)? Apakah ada kelalian dari Dinas Ketenagakerjaan setempat, khususnya pengawas tenaga kerja?” ujarnya lagi.

- Advertisement -

Menurut politisi senior PDI Perjuangan ini, kunjungan Komisi IX DPR RI itu sekaligus ingin memastikan apakah para korban sudah dilindungi dengan BPJS, baik Kesehatan dan Tenaga Kerja?

“Bila tidak, Komisi IX DPR RI harus memastikan pemerintah untuk memberikan perawatan bagi yang luka dan santunan bagi yang meninggal,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER