Kamis, 28 Maret, 2024

Lestarikan Budaya Daerah, KOTI DKI Kenalkan Olahraga Khas Betawi

MONITOR, Jakarta – Tak ingin budaya daerah lenyap ditelan jaman, Komunitas Olahraga Trasisional Indonesia (KOTI) DKI Jakarta mencoba kembali mengangkat dan melestarikan budaya daerah agar selalu dikenal oleh masyarakat.

KOTI pun menggelar acara event olah raga yang dinamakan Piala Garuda Emas. Event Piala Garuda Emas ini mempertandingkan permainan olah raga khas masyarakat Betawi.

Pembina KOTI, Taufan Aji Nugraha mengatakan, even Piala Garuda Emas Ini digelar untuk  memperkenalkan kembali kepada publik budaya-budaya daerah khususnya olah raga khas masyarakat Betawi yang hampir punah.

“Melestarikan budaya sebenarnya adalah tanggung jawab kita semua sebagai anak bangsa. Makanya diajang Piala Garuda Emas ini kami berupaya memperkenalkan kembali macam-macam olah raga tradisional khas Betawi kepada masyarakat luas khususnya kaum milenial,”ujar Taufan di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (6/4).

- Advertisement -

Dari sekian banyak olah raga tradisional khas Betawi  yang di pertandingkan di piala emas ini diantaranya gobak sodor (galasin), tarik tambang dan permainan lainnya.

“Kegiatan Piala Garuda Emas ini diikuti sekitar 750 peserta dari sejumlah kampung di Jakarta Timur,” ujar Caleg DPRD DKI Jakarta asal Partai Gerindra Dapil 6.

Ajang yang dibuka Wakil Walikota Jakarta Timur, Uus Kuswanto ini membuat GOR Ciracas penuh dengan aktivitas remaja berusia belasan tahun. Mereka begitu antusias memainkan berbagai lomba tradisional yang dulu menjadi permainan orang-orangtua mereka.

Bahkan para orangtua yang menyaksikan ikut histeris kalau anaknya tak lolos dari penjagaan dalam permainan gobak sodor.

“Sesuai pesan Wakil Walikota, kami akan rutin mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya,” pungkas Taufan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER