Rabu, 23 Oktober, 2024

Ajak Mitra Binaan, Pertamina SMEXPO 2024 Dorong UMKM Lokal Jadi VOKAL

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) membuka secara resmi Pertamina Small Medium Enterprise Expo (SMEXPO) 2024, rangkaian pameran usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang digelar di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, pada 22 – 27 Oktober 2024.

Pameran retail nasional yang melibatkan 43 UMKM Binaan Pertamina ini dibuka oleh Menteri UMKM Maman Abdurrahman. Dalam sambutannya, Menteri UMKM Maman Abdurrahman mengapresiasi gelaran Pertamina SMEXPO 2024 sebagai salah satu upaya untuk membina UMKM agar lebih berdaya. Apabila ada banyak korporasi lain yang melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Pertamina untuk menjadi pembina bagi pengembangan UMKM maka fondasi ekonomi pun makin kuat.

“Inilah pentingnya keberadaan korporasi untuk ikut mendampingi UMKM bersama-sama pemerintah agar UMKM bisa menjadi vokal dan bersaing di kancah dunia,” ujarnya.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menegaskan bahwa Pertamina SMEXPO merupakan agenda rutin tahunan Pertamina yang bertujuan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mitra binaannya.

- Advertisement -

Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan Pertamina SMEXPO 2024 merupakan acara tahunan Pertamina. Pada tahun ke-5 ini, SMEXPO 2024 mengusung tema “Lokal Jadi VOKAL”, dengan melibatkan 43 UMKM Binaan Pertamina.

“Sebelum acara puncak ini, kami sudah menggelar rangkaian yang digelar di lima kota, yakni Palembang, Yogyakarta, Bandung, Makassar dan Bandar Lampung,” katanya.

Pada acara ini, turut hadir ⁠Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim, ⁠Plt. Deputi Bidang UKM Temmy Satya Permana, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menambahkan, Pertamina SMEXPO 2024 merupakan rangkaian kegiatan pengembangkan UMKM binaan Pertamina. Dilaksanakan sebagai sebuah rangkaian kegiatan mulai dari aktivitas pre event berupa pameran tematik level lokal yang dilaksanakan di Grha Pertamina, Jakarta, selama Maret – Mei 2024, serta sub event yang berupa pameran di level daerah sebagai bagian road to Pertamina SMEXPO Nasional, hingga kegiatan utama yakni temu bisnis (business matching) dan pameran SMEXPO 2024 yang saat ini digelar.

“Berbagai aktivitas ini dilakukan guna menyosialisasikan produk-produk UMKM berkualitas binaan Pertamina kepada masyarakat umum dan para stakeholders. Kami berharap berbagai kegiatan ini bisa meningkatkan akses pasar UMKM,” jelas Fadjar.

Pameran selama enam hari di Mall Kota Kasablanka, Jakarta ini akan menampilkan ratusan produk UMKM, mulai dari kerajinan tangan hingga makanan olahan. Pengunjung dapat menikmati tidak hanya beragam produk lokal berkualitas, tetapi juga promosi menarik, diskon, dan berbagai kegiatan seru sepanjang acara.

Pertamina mengundang masyarakat untuk mengunjungi pameran ini dan mendukung UMKM lokal. Bagi yang tidak dapat hadir secara langsung, produk-produk juga tersedia di platform online di smexpo.pertamina.com.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER