Jumat, 18 Oktober, 2024

DPR dan Pemerintahan Baru Harus Kerja Lebih Cepat Penuhi Ekspektasi Tinggi Masyarakat

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Parlemen Indonesia yang jatuh tiap tanggal 16 Oktober, Anggota DPR RI Martin Manurung mengungkapkan anggota dewan yang baru dilantik dan juga pemerintahan baru yang akan dilantik, pasti mendapat ekspektasi tinggi dari masyarakat. Apalagi, target-target pemerintah juga cukup tinggi.

“Ini tentu harus disertai dengan kinerja kabinet, Menteri-menteri yang akan segera dilantik. Di satu sisi, Parlemen akan berperan sentral, memastikan kinerja menteri-menteri baru berjalan dengan baik dan cepat, sehingga target-target yang ditetapkan Presiden terpilih bisa diimbangi dengan kinerja yang juga cepat,” ujar Martin dalam rilis media yang diterima Media, di Jakarta, Kamis (17/10/2024).

Lebih lanjut, Politisi Fraksi Partai NasDem tersebut memberi contoh, target pertumbuhan ekonomi pada APBN 2025 yang masih sekitar 5 persen. Tetapi, di berbagai kesempatan, presiden terpilih Prabowo Subianto menginginkan pertumbuhan ekonomi bisa menyentuh angka tujuh persen, bahkan mungkin lebih dari itu. 

“Nah ini harus disertai dengan langkah-langkah kebijakan yang tepat. Baik dari sisi kebijakan fiskal, moneter, dan juga pembangunannya. Ini harus diawasi parlemen sehingga menteri-menteri yang bekerja, memiliki waktu untuk beradaptasi atau belajar. Harus bisa cepat menyesuaikan diri untuk berdayakan birokrasi dan program-program yang akan dilakukan. Di sini saya kira tantangan dari parlemen periode 2024-2029,” paparnya.

- Advertisement -

Terkait evaluasi parlemen periode sebelumnya, Martin mengatakan Parlemen periode 2019-2024 sudah memberikan tugas-tugas pengawasan terhadap pemerintah dengan baik. “Tapi saya lihat dengan berubahnya nomenklatur kementerian dan juga penambahan komisi di DPR, ini tentu harus memiliki anggota-anggota DPR yang cepat untuk melakukan adjustment,” tuturnya.

“Ketika kabinet mulai bekerja maka DPR juga sudah harus bekerja dengan fungsi-fungsinya. Baik itu fungsi pengawasan, fungsi anggaran, maupun fungsi legislasi,” pungkas Legislator Dapil Sumatera Utara II tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER