Rabu, 1 Mei, 2024

Bekas Endapan Lumpur Lapindo kini jadi Destinasi Wisata

MONITOR, Sidoarjo – Siapa sangka, endapan lumpur Lapindo di Sidoarjo kini menjadi destinasi wisata baru di Jawa Timur. Pada Minggu, 29 Januari 2023 kemarin, Gubernur Khofifah Indar Paranwansa pun bertandang sekaligus meresmikan Pulau LUSI, atau Lumpur Sidoarjo.

Di Pulau ini, berbagai ekosistem dikembangkan mulai dari budidaya mangrove, cemara udang, berbagai jenis pepohonan hingga tabur benih benur dan bandeng.

“Kemarin (Minggu) saya bersama Bupati Sidoarjo, Deputy Menko Marvest, tim LHK , KKP dan berbagai elemen masyarakat serta Perguruan Tinggi menanam mangrove, cemara udang, berbagai jenis pepohonan serta menabur benih benur dan bandeng sebagai rangkaian Festival Mangrove III,” tutur Khofifah dalam keterangannya, Senin (30/1/2023).

Destinasi ini selanjutnya dikenal sebagai wisata bahari Tlocor, karena mampu menjangkau desa tlocor kecamatan Jabon Sidoarjo.

- Advertisement -

“Inilah Pulau LUSI (Lumpur Sidoarjo). Nama Lusi sebutan nama pulau ini karena berasal dari endapan lumpur Lapindo. Lebih seratus hektar luasnya,” ucapnya.

“Saat ini menjadi destinasi wisata bahari Tlocor. Bisa dijangkau dengan menaiki speed boat sekitar 20 menit dari desa Tlocor kecamatan Jabon Sidoarjo,” terang mantan Menteri Sosial ini.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER