Minggu, 29 September, 2024

Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa di Belgia, Jokowi: Harus Diperkuat

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana hari ini bertolak ke Brussel, Belgia, untuk memenuhi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa (EU) bersama delegasi terbatas, Selasa (13/12/2022) pagi.

“Saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju ke Brussel di Belgia, dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” ujar Jokowi dalam keterangan persnya.

Ia menekankan hubungan baik antara ASEAN dan Uni Eropa harus terus diperkuat hingga kini, sebab Uni Eropa salah satu mitra dagang strategis bagi ASEAN.

Adapun nilai perdagangan antara ASEAN dan EU pada tahun 2021 mencapai 268,9 miliar dolar AS, terbesar ketiga setelah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Amerika Serikat (AS).

- Advertisement -

“Foreign direct investment [FDI] dari Uni Eropa ke ASEAN yang berjumlah sebesar 26 miliar Dolar AS di tahun 2021 juga merupakan foreign direct investment yang terbesar kedua setelah RRT. Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa,” terang Jokowi.

Jokowi pun berharap agar hubungan perdagangan serta investasi antara Indonesia dengan Uni Eropa juga terus meningkat.

“Tentu saja negara kita, Indonesia, ingin agar perdagangan kita meningkat antara Indonesia dan EU, dan juga investasi dari Uni Eropa ke Indonesia juga terus meningkat,” imbuhnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER