Selasa, 30 April, 2024

Jokowi Dorong Pemerintah Pusat dan Pemda Pakai Produk Lokal

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo menyayangkan masih ada instansi pemerintah maupun swasta yang masih menggunakan produk impor, dibanding lokal.

Dikatakan Jokowi, dirinya sudah menginstruksikan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk terus mengawal realisasi komitmen pemanfaatan APBN dan APBD untuk belanja produk dalam negeri.

“Saya menyayangkan jika masih ada pihak-pihak, baik dari pemerintah pusat atau daerah, yang masih memilih produk impor dibandingkan produk dalam negeri,” ujar Jokowi dalam rapat di Istana, Selasa (14/6/2022).

Jokowi sangat berharap instruksi tersebut dijalankan semua kalangan, agar ekonomi nasional bangkit dan tumbuh dengan baik.

- Advertisement -

“Ini uang rakyat, uang yang dikumpulkan dari pajak baik PPn, PPh, PPh badan, PPh perorangan, PPh karyawan, dari bea ekspor, dari PNPB dikumpulkan dengan cara yang tidak mudah,” tuturnya.

“Bayangkanlah, kalau ada pabrik kecil yang biasanya yang melayani 1.000, lalu karena ada pesanan dari pemda atau pemerintah pusat sebanyak 10.000, mau tidak mau mereka akan ekspansi, memperluas pabriknya. Artinya pasti juga menambah tenaga kerja, menambah investasi,” terangnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER