Selasa, 30 April, 2024

Warga Pasir Putih Depok Tak Masalah Jenazah Terindikasi Covid-19 Dimakamkan di Wilayahnya

MONITOR, Depok – Warga Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan sepakat untuk menerima pemakaman jenazah positif Corona (Covid-19) di wilayahnya. Hal ini disetujui setelah Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok melakukan sosialisasi di wilayah tersebut.

“Pada prinsipnya warga Kelurahan Pasir Putih menerima pemakaman jenazah terindikasi Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di wilayah mereka,” kata Camat Sawangan, Herry Restu Gumelar kepada wartawan seusai melakukan sosialisasi bersama Kepala DLHK Kota Depok, Etty Suryahati dan Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita, baru-baru ini .

Herry mengatakan, jenazah pasien Covid-19 yang akan dimakamkan sudah melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) pemulasaran di rumah sakit. Dengan demikian, jenazah tersebut dipastikan tidak menularkan virus kepada masyarakat. 

“Hal yang saya sampaikan ini sesuai dengan tanggapan dari ahli Virologi. Alhamdulillah, masyarakat pun menanggapinya dengan baik,” jelasnya.

- Advertisement -

Herry menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, warga juga mengusulkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok untuk memperbaiki jalan di sisi timur menuju TPU Pasir Putih. Selain itu, mereka juga meminta agar ada penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di lokasi tersebut.

Dia menambahkan, pihaknya akan gencar melakukan sosialisasi ke seluruh warga terkait proses pemakaman jenazah pasien Covid-19. Termasuk sosialisasi pencegahannya bersama unsur tiga pilar.

“Mari kita tingkatkan nilai-nilai keberagaman, kemanusiaan dan gotong-royong. Semoga menjadi amal ibadah di hadapan Tuhan Yanag Maha Kuasa serta bersama-sama menuju Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER